Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Wali Kota Bandung Akui Sulit Tuntaskan Masalah PKL

Kompas.com - 27/04/2017, 13:40 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial berupaya realistis terkait masalah penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Bandung. Dengan sisa waktu kurang dari dua tahun, ia menilai sulit untuk menuntaskan masalah PKL di Bandung khususnya di tiga titik utama yakni Cicadas, Tegalega, dan Pasar Baru.

"Kalau kepada tiga titik lokasi itu saya kira bisa dikatakan susah," ujar Oded usai membuka rapat evaluasi pembinaan dan penataan PKL di Hotel Savoy Homan, Jalan Asia Afrika, Bandung, Kamis (27/4/2017).

Persoalan tempat relokasi menjadi ganjalan utama dalam masalah penataan PKL. Sebab itu, Oded menyebut, penataan PKL sulit dilakukan jika Pemkot Bandung hanya mengandalkan pihak ketiga untuk menyediakan tempat baru bagi para PKL.

Baca juga: Awal Tahun 2015, Ratusan PKL Cicadas Akan Dipindahkan

Sejauh ini, kolaborasi antara Pemkot Bandung dan swasta menjadi solusi utama yang dilakukan Pemkot Bandung. Seperti PKL di Jalan Merdeka yang dipindahkan ke mall Bandung Indah Plaza atau PKL Purnawarman yang kini menempati lahan milik mall Bandung Elektronik Center (BEC). Selain itu juga ada penataan PKL di proyek Teras Cihampelas.

Menurut Oded, Pemkot Bandung harus mengeluarkan anggaran khusus untuk membeli lahan baru bagi para pedagang.

"Saya sampaikan sebaiknya kami persiapkan APBD saja untuk menyiapkan lahan. Tapi wali kota belum sampaikan kembali pada saya jawabnnya seperti apa," ucap Ketua Satgasus PKL Kota Bandung itu.

"Saya lihat untuk tiga wilayah ini, selama kami tetap menganut pada pembinaan dan penataan yang diberatkan pada titik lokasi yang disiapkan tentu kunci masalah ada di lokasi. Maka, saya kira perlu adakan sebuah analisa kembali seperti apa," tambahnya.

Oded memandang, persoalan PKL menjadi masalah klasik di kawasan perkotaan yang tak akan ada ujungnya. Sebab, masalah PKL merupakan dampak dari dinamika ekonomi nasional.

"Kalau bicara penataan dan pembinaan di Kota Bandung, menurut saya ini pekerjaan yang tidak ada habisnya. Karena banyak masyarakat yang terseret dalam keterdesakan ekonomi akan lari ke PKL. Misalnya pabrik bangkrut, banyak yang lari ke PKL. Ini selalu berkaitan dengan kondisi ekonomi kita," jelasnya. 

Baca juga: Wakil Wali Kota Bandung Kritik Ridwan Kamil soal Teras Cihampelas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com