Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekskavasi untuk Situs Purbakala yang Ditemukan di Malang Disiapkan

Kompas.com - 26/04/2017, 17:05 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Jawa Timur, mulai menyiapkan langkah ekskavasi untuk penemuan situs purbakala di Dusun Nanasan, Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Jawa Timur, Andi Muhamad Said, menduga, masih ada banyak situs purbakala yang terpendam di lokasi tersebut.

Selain itu, situs yang disebut sebagai petirtaan atau pemandian suci zaman terdahulu itu belum diketahui bentuk aslinya.

"Kami analisa data awal dulu. Baru kita nanti lakukan ekskavasi. Kemungkinan besar, saya curiga ini (temuan situs) nyambung semua," katanya saat melihat lokasi penemuan situs itu, Rabu (26/4/2017).

Andi mengatakan, butuh perencanaan untuk melakukan proses eskavasi, terutama soal anggaran. Apalagi, anggaran yang ada di BPCB sudah dianggarkan untuk setiap kegiatan yang sudah direncanakan.

"Tapi kalau Pemda menyiapkan anggaran, kami siap kapan pun," ucapnya.

(Baca juga: Situs Purbakala yang Diduga Bekas Kolam Permandian Ditemukan di Malang)

Menurut dia, temuan situs itu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Harus ada penelitian lebih lanjut, terutama terkait dengan usia situs tersebut.

"Kajiannya ini panjang," imbuhnya.

Sementara itu, selama menunggu proses ekskavasi dilakukan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar untuk tidak merusak temuan situs itu. Sebab semenjak ada penemuan situs itu, warga sekitar silih berganti berdatangan untuk melihatnya.

Sejumlah situs purbakala ditemukan di Dusun Nanasan, Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Senin (24/4/2017).

Situs itu pertama kali ditemukan oleh Rahmad Yasin (25), warga setempat. Diduga, ada tiga kolam yang ada di area penemuan situs itu dan saling berhubungan, sedangkan setiap kolam memiliki dinding dengan pahatan yang berbeda.

(Baca juga: Lokasi Situs Purbakala di Malang Diduga Tempat Suci pada Zamannya)

 

Kompas TV Struktur Batu Dipercaya Merupakan Peninggalan Majapahit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com