Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Golkar Bangun Koalisi Poros Jawa Barat untuk Pilkada Jabar 2018

Kompas.com - 26/04/2017, 11:43 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat, Dedi Mulyadi menyatakan, sampai saat ini partainya telah memiliki mitra yang tergabung dalam koalisi partai bernama Poros Jawa Barat untuk menghadapi Pilkada Gubernur Jabar Tahun 2018.

Partai yang telah berkomunikasi dalam Poros Jawa Barat itu adalah Partai Golkar, Hanura, PAN dan PKB.

"Golkar saat ini sudah memiliki mitra (untuk Pilkada Jabar) yaitu Partai Hanura, PAN, dan PKB. Keempat partai ini masuk dalam Poros Jawa Barat. Poros yang memihak pembangunan masyarakat pedesaan," jelas Dedi kepada wartawan, Rabu (26/4/2017).

Baca juga: Untuk Pilkada Jabar, Golkar Masih Tunggu Hasil Survei

Dedi menambahkan, mitra partainya ini telah berkomunikasi dan siap bersama-sama mendorong pembangunan yang memihak kepada masyarakat pedesaan. Partai Hanura telah bertemu dengan Golkar beberapa waktu lalu di Bandung.

Dedi juga telah berkomunikasi langsung dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Lalu PKB beberapa waktu lalu telah datang melalui ketua umum Garda Bangsa mendeklarasikan akan bersama Golkar untuk menghadapi Pilgub Jabar.

"Kalau PKB, kami akan segera menemui Pak Ketum dalam waktu dekat ini. Tapi keempat partai ini sudah sepakat membangun poros, yaitu Poros Jawa Barat," ujarnya.

Poros keempat partai ini, kata Dedi, sejatinya bukan hanya bersepakat untuk menghadapi Pilkada Jabar 2018 saja. Tetapi, poros ini akan dimulai melalui fraksi-fraksinya di DPRD Provinsi Jawa Barat mengawal penyusuanan APBD tahun 2018 untuk memihak kepada pembangunan di wilayah pedesaan. Apalagi wilayah Jawa Barat paling besar adalah masyarakat pedesaan.

"Poros ini bukan hanya untuk menghadapi Pilgub saja, tapi poros ini akan mulai memelopori dalam penyusunan APBD 2018. Poros ini melalui fraksinya akan terus mendorong untuk memihak kepada masyarakat desa," ungkapnya.

Baca juga: Senyum Dedi Mulyadi Saat Warga Deklarasikan Dukungan untuk Pilkada Jabar

Poros Jawa Barat ini pun masih terbuka untuk partai lainnya yang ingin bergabung. Partainya pun mengajak partai lain untuk mendorong keberpihakan kepada masyarakat desa yang selama ini pembangunannya belum seluruhnya maksimal.

"Ayo kita bersama-sama tergabung dalam poros Jawa Barat untuk mendorong keberpihakan pemerintah kepada masyarakat pedesaan," pungkas Dedi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com