Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Minum Kopi, 10 Warga Manggarai Dilarikan ke Rumah Sakit

Kompas.com - 25/04/2017, 18:05 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

BORONG, KOMPAS.com - Sebanyak 10 orang warga Kampung Kedel, Desa Watu Lanur, Kecamatan Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur( NTT), dilarikan ke Puskesmas setempat usai minum kopi.

Kepala Bidang Humas Polda NTT AKBP Jules Abraham Abast mengatakan, saat ini 10 warga yang sempat dirawat di Puskesmas Benteng Jawa, sudah dirujuk ke RSUD Ben Mboy Ruteng, Kabupaten Manggarai untuk menjalani perawatan yang lebih intensif lagi.

Jules menyebut, 10 warga yang dirawat usai minum kopi hitam itu yakni Bernadus Dantus (50), Sisilia Mil (40), Hendrikus Namas (58), Selfiana Lisa (39), Yohanes Matu (35), Aloysius Gawang (60), Alfianus Jehumat (26), Maria Enel (26), Martinus Haman (35) dan Nikolaus Juma (42).

Kejadian itu kata Jules, bermula saat Bernadus Gantus bersama istri Sisilia Mil membuat kopi di cerek di rumahnya. Setelah meminum kopi tersebut, sekitar berselang lima menit kemudian keduanya langsung merasa pusing dan mual mual serta muntah.

"Setelah itu keduanya memanggil tetangga sekitar untuk meminta pertolongan," kata Jules kepada Kompas.com, Selasa (25/4/2017).

Baca juga: 68 Warga Simalungun Keracunan Makanan Nasi Kotak

Tak berselang lama, tetangga sekitar yang berjumlah delapan orang kemudian datang membantu keduanya. Namun saat membantu pasangan suami istri itu, delapan orang tetangga tersebut, sempat meminum kopi sisa buatan Sisilia Mil yang berada di dalam cerek.

Setelah meminum kopi sisa tersebut, mereka langsung merasa pusing, mual dan muntah muntah.

Melihat kejadian tersebut Kepala Desa Watu Lanur dan dua orang bidan di Pustu Watu Lanur serta Anggota Pospol Mano, mengantarkan kesepuluh korban ke Puskesmas Benteng Jawa Karena keterbatasan fasilitas di Puskesmas, bidan yang bertugas di Puskesmas Benteng Jawa membuat rujukan Ke RSUD Ben Mboi Ruteng.

"Polisi sudah mengamankan sisa minuman kopi dan gelas yang di pakai oleh kesepuluh orang ini. Sedangkan pihak RSUD Ben Mboy masih melakukan perawatan dan identifikasi sampel sisa muntahan dari 10 warga ini. Informasi terakhir, 10 orang itu telah dipulangkan ke rumah mereka," sebutnya.

Baca juga: "Seandainya Ada Pangeran Arab Saudi yang Mampir ke Warung Kopi Saya"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com