Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUTT Roboh, PLN Terjunkan 50 Teknisi Bangun Tower Darurat

Kompas.com - 25/04/2017, 16:22 WIB
Mansur

Penulis

POSO KOMPAS.com - Sehari pasca robohnya tower listrik Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) berkapasitas 150 Kv di Desa Tabalu, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, PLN menerjunkan 50 orang teknisi.

Kedatangan para tenaga teknisi PLN gabungan area Sulawesi Tengah,Utara dan Gorontalo (Sultenggo) terdiri dari tim Pekerja Dalam Keadaan Bertegangan Menengah (PDK-BM) ke lokasi kejadian untuk membangun tower emergency sambil menunggu pembangunan tower permanen.

Dari pantauan Kompas.com, pada Selasa (25/4/2017),  para teknisi dengan peralatan lengkap langsung mengamankan lokasi dari aktivitas warga.

Pengamanan ketat tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya korban serta aksi pencurian mengingat sejumlah rangkaian kabel dan kondektor masih terpasang pada bagian tower yang roboh.

Baca juga: SUTT Roboh, PLN Kebut Pemasangan Emergency Tower

Supervisor pemeliharaan transimisi gardu induk area Sulawesi Tengah,Muhammad Fahri saat ditemui di lokasi, mengatakan,  para teknisi yang diterjunkan tersebut akan bekerja secara marathon selama 8 hari untuk merampungkan pembangunan transmisi sementara.

Menurut dia, robohnya tower SUTT nomor 46 tersebut, membuat  suplai aliran listrik untuk beberapa wilayah seperti Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala terganggu.

"Akibat robohnya tiang SUTT 46, pasokan listrik PLN ke beberapa wilayah kabupaten dan kota terputus, kita bersama tim akan bekerja maksimal paling lambat 8 hari ke depan sudah bisa beroperasi kembali,meskipun masih sementara," ucap Fahri.

Ia menyebutkan,  selain tower SUTT 46 yang roboh akibat abrasi sungai setelah banjir, dua tower lainnya masing-masing tower 45 dan 47 juga ikut mengalami kerusakan dengan kemiringan hingga mencapai 4 derajat.

Untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman lampu PLN secara besar-besaran di wilayah Palu dan sekitarnya, pihaknya menyiapkan mesin pembangkit tenaga diesel sambil menunggu normalnya kembali pasokan dari PLTA Poso.

Baca juga: Menara SUTT Roboh, Pasokan Listrik untuk 4 Kabupaten Terganggu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com