Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahanan Polres Malang yang Kabur Menyerahkan Diri Setelah Keluarganya Dibujuk Polisi

Kompas.com - 23/04/2017, 19:09 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Seorang tahanan Polres Malang, Jawa Timur yang kabur akhirnya menyerahkan diri, Minggu (23/4/2017) setelah polisi berhasil membujuk keluarganya. Tahanan itu bernama Suwiyadi (41) warga Dusun Sidorukun RT 21 RW 4 Desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Suwiyadi merupakan satu dari 17 tahanan Polres Malang yang kabur  Rabu (19/4/2017) lalu.

"Suwiyadi. Saya ketemu dulu dengan keluarganya. Sebelum saya tangkap saya tawarkan dulu, mau ditangkap paksa atau menyerah. Akhirnya dikasih baik - baik oleh keluarganya ke saya," kata Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung.

Selain Suwiyadi, tahanan lainnya yang berhasil ditangkap kembali adalah Khusnul Muhajir (26) warga Desa Sukoanyar, Kecamatan Pakis dan Fahrul Agus Mustofa (36), warga Jalan Kauman Desa Pagedangan, Kecamatan Turen. Keduanya ditangkap di Kabupaten Lumajang. Sebuah kabupaten yang berdampingan dengan Kabupaten Malang.

"Dia muter - muter di Ampel Gading (Kabupaten Malang) - Lumajang. Ampel Gading - Lumajang," katanya.

Baca juga: Jebol Plafon Kamar Mandi, 17 Tahanan Polres Malang Kabur

Sebelumnya, pada Hari Sabtu (22/4/2017), satu tahanan bernama Ahmad Naimul juga berhasil diringkus. Dengan begitu, total sudah ada sembilan tahanan yang berhasil dikembalikan ke dalam sel tahanan. Sebab pada Jumat (21/4/2017) dan Kamis (20/4/2017), lima tahanan lainnya juga sudah berhasil ditangkap.

Ujung mengatakan, pihaknya masih membuka kesempatan kepada delapan tahanan yang masih kabur untuk menyerahkan diri baik - baik. "Saya masih memberikan kesempatan untuk menyerahkan diri baik - baik," jelasnya.

Seperti diberitakan 17 orang tahanan Polres Malang, Jawa Timur, kabur dengan cara menjebol atap kamar mandi tahanan pada Rabu (19/4/2017) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB Dari 17 tahanan yang kabur itu, 12 orang di antaranya adalah tahanan Sat Narkoba dan lima orang lainnya adalah tahanan Satreskrim.

Baca juga: Satu Lagi Tahanan Polres Malang yang Kabur Ditangkap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com