Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Jalur Pantai Gunungkidul Padat

Kompas.com - 23/04/2017, 16:06 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata di sepanjang pantai Selatan, Gunungkidul, Yogyakarta. Minggu (23/4/2017). Diperkirakan sekitara 20.000 pengunjung memadati pantai.

Dari pantauan, kepadatan sudah terjadi saat wisatawan akan memasuki kawaan pantai. Polisi terpaksa menutup akes pertigaan Mulo, Wonosari, yang mengarah ketimur. Sehingga pintu masuk hanya melalui TPR 1, Pantai Baron, dan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Untuk pintu keluar wisatawan diarahkan menuju melalui Kecamatan Tepus. Hal ini untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas. Apalagi sebuah bus rombongan asal Surakarta terguling di dusun Pulegundes.

"Bagi wisatawan kita arahkan langsung masuk melalui Pantai Baron," kata Kasatlantas Polres Gunungkidul AKP Samiyono Minggu.

Baca juga: Libur Panjang, Tol Cikampek dan Tol Jagorawi Arah Puncak Padat

Pihaknya menempatkan petugas untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas.

"Selama libur panjang kita tempatkan personel di simpul kemacetan," sebutnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, selama dua hari terakhir diperkirakan ada 34.000 pengunjung ke destinasi wisata yang mempunyai retribusi. Terbanyak mengunjungi pantai selatan, disusul Goa Pindul, air terjun Srigetuk, dan Gunungapi Purba Nglanggeran.

"Kemarin ada 9.000 orang, untuk hari ini kami perkirakan sekitar 25.000 orang," katanya.

Untuk libur panjang pihaknya menargetkan kunjungan sebanyak 50.000 pengunjung. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan dinas perhubungan Gunungkidul.

"Untuk mengantisipasi kepadatan, kita menambah jumlah petugas TPR sebanyak 15 orang, dan petugas kebersihan 50 orang, untuk wilayah pantai,"katanya.

Dari pantauan di pantai Krakal, pengunjung sejak pagi memadati pantai berpasir putih itu. Petugas SAR mengingatkan agar para wisatawan untuk waspada terhadap gelombang. 

Baca juga: Libur Panjang, Kendaraan Antre di Puncak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com