Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Orang Korban "Speedboat" yang Tenggelam Ditemukan Tewas, 4 Hilang

Kompas.com - 23/04/2017, 13:37 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PUTUSSIBAU, KOMPAS.com - Tim pencari gabungan kembali menemukan satu korban yang hilang dalam peristiwa tenggelamnya speedboat yang mengangkut rombongan anak TK di Sungai Silat, Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu (23/4/2017) pukul 05.30.

Staf Humas Kantor SAR Pontianak, Untung Supriadi mengatakan, korban bernama Paskaliana (5) ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada koordinat 0º 11'48'' N - 112º 3'32.53" E.

"Korban ditemukan setelah melakukan penyisiran dengan radius lima kilometer dari lokasi kecelakaan," ujar Untung, Minggu (23/4/2017).

Untung menambahkan, pencarian hari pertama usai kejadian dilakukan hingga pukul 22.00 WIB. Pencarian dihentikan dengan hasil nihil dan dilanjutkan dengan pemantauan.

Saat ini tim pencari masih melakukan pencarian empat korban lainnya dalam peristiwa kecelakaan air tersebut.

Adapun korban hilang yang masih belum ditemukan di antaranya Ratnawatin (35), Yuliana, (35), Desti Anjani (35), dan Indriani (5).

Kecelakaan tersebut berawal ketika rombongan tersebut hendak berangkat mengikuti kegiatan Porseni tingkat TK di Desa Dangkan Kota. Mereka berangkat menggunakan speed longboat dengan penggerak 15 PK dan jumlah penumpang sebanyak 35 orang.

Baca: "Speedboat" Berisi Rombongan Anak TK Tenggelam di Kalbar

Dari jumlah tersebut sebanyak 13 di antaranya anak-anak dan 22 lainnya orang dewasa. Namun, dalam perjalanan, mesin speedboat 15 PK mengalami masalah (propeller loss) sehingga kipas tidak berfungsi.

Akibat adanya arus sungai air yang deras dan berputar yang mengakibatkan longboat yang digunakan menabrak batang kayu yang posisinya melintang di bagian sisi sungai. Akibat menabrak kayu, bodi bagian depan speedboat mengalami kerusakan dan langsung tenggelam.

Sebagian besar penumpang berupaya menyelamatkan diri dengan cara berenang dan ada juga yang terseret dengan arus sungai yang sampai saat ini belum ditemukan.

Kompas TV Kapal Cepat Jailolo-Ternate Terbakar, 4 Orang Tewas
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com