Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri LHK Lakukan Restorasi 453,9 Km Pantai Utara Jateng

Kompas.com - 22/04/2017, 20:39 WIB
Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar Peringatan Hari Bumi, dengan agenda penanaman 40 ribu mangrove di sepanjang 453,9 kilometer garis pantai, mulai Brebes hingga Rembang.

Kegiatan restorasi Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah ini dilakukan serentak di 28 titik wilayah Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Rembang.

Menteri LHK Siti Nurbaya menyatakan bahwa restorasi ini menjadi sangat penting sebagai upaya pengamanan pantai dari gerusan gelombang yang mengikis garis pantai.

"Ini meliputi upaya melindungi 400 kilometer garis pantai," kata Siti Nurbaya seusai menanam Mangrove di Pantai Morosari , Desa Bedono , Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jateng, Sabtu (22/4/2017).

Dalam acara yang digagas Kementerian LHK dan Partai Nasdem itu Siti Nurbaya didampingi Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, Ketua Fraksi Nasdem Victor Bungtilu Laiskodat, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem Siswono Yudo Husodo, Ketua DPW Nasdem Jateng Setyo Maharso, dan Wakil Bupati Demak Joko Sutanto. 

Siti menjelaskan, mangrove merupakan ekosistem paling produktif yang mampu bertahan hidup di tengah gempuran ombak.

Selain itu tumbuhan yang oleh masyarakat awam sering disebut sebagai bakau atau brayo ini bisa menjadi penyeimbang ekosistem.

"Mangrove itu menyimpan karbon yang tidak merusak atmosfer," ucap Siti.

Wakil Bupati Demak Joko Sutanto dengan antusias mengapresiasi restorasi pantura yang berlokasi di wilayahnya. Menurut dia, sepanjang pantai 34,1 kilometer yang masuk wilayah Demak, terdapat seluas 798,44 hektar lahan yang terdampak abrasi.

"Untuk mengurangi abrasi perlu penanaman mangrove di tanah timbul seluas 337,54 hektar," ujar Joko Sutanto.

Pihak Pemerintah Kabupaten Demak membutuhkan 3.375.400 batang bibit mangrove untuk reklamasi pantai.

"Sampai saat ini telah ditanam sebanyak 605.150 batang mangrove. Artinya masih diperlukan 2.770.250 batang lagi," kata Joko.

Kompas TV ?Kabupaten Polewali Mandar kembali memiliki satu destinasi wisata yang sangat diminati wisatawan yakni kawasan hutan mangrove. Hutan bakau ini terletak di pesisir pantai kecamatan binuanG, Sulawesi Barat.??(Hutan Mangrove di
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com