Kompleks Makam RA Kartini di Rembang jadi Wisata Ziarah Nasional - Kompas.com

Kompleks Makam RA Kartini di Rembang jadi Wisata Ziarah Nasional

Kontributor Semarang, Nazar Nurdin
Kompas.com - 21/04/2017, 16:12 WIB
KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Para pekeja merapikan areal makam RA Kartini di Rembang, Jawa Tengah, Minggu (26/3/2017).

REMBANG, KOMPAS.com - Kompleks Makam Raden Ajeng Kartini di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah akhirnya diresmikan sebagai salah satu destinasi wisata ziarah nasional.

Seremoni peresmian dilakukan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Rembang Abdul Hafidz, tepat di hari peringatan Kartini ke-138, Jumat (21/4/2017).

Makam Kartini terletak di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang. Lokasi makam berada di sebuah bukit tepat di belakang kantor Kecamatan Bulu. Adapun kompleks makam berada di jalur utama Kabupaten Rembang dan Kabupaten Blora.

"Saya berharap nanti murid-murid (sekolah) diajak wisata ziarah kesini. Ini nanti sambil dilengkapi prasarana infrastrukturnya," ujar Khofifah di Rembang, Jumat (21/4/2017).

(Baca juga: Ibu Kita Kartini)

Usulan wisata ziarah nasional, sambung dia, melalui proses yang panjang. Pemerintah Kabupaten Rembang mengusulkan agar makam Kartini dijadikan wisata nasional. Usulan itu lalu secara resmi dikirim ke Kementerian Sosial.

Khofifah yang mendapat usulan itu mengaku langsung menyetujui usulan dari Pemkab Rembang. "Dari posisi referensi keteladanan dan pengorbanan RA Kartini, makam ini akan jadi destinasi wisata yang sangat produktif dan edukatif bagi masyarakat," tutur Khofifah.

Sosok Kartini, sambung Khofifah, perlu diketahui secara luas oleh masyarakat karena memiliki pemikiran out of the box pada zamannya. Kartini merupakan santri dari Kiai Saleh Darat.

"Ini jarang ditulis dan diketahui masyarakat, bahwa Kartini salah satu dari andalan Kiai Soleh Darat. Kalau berziarah ke sini nanti akan bisa mendapatkan penjelasan yang komprehensif," tambahnya.

(Baca juga: Tiga "Kartini" di Amerika Serikat)

Peresmian lokasi wisata ziarah juga dibarengi dengan peresmian lapak dan renovasi fasilitas umum dan kios di area makam, pusataka digital, serta galeri Diorama Perjuangan RA Kartini. Nantinya, wisata ziarah nasional tersebut akan membidik masyarakat yang selama ini melakukan wisata religi Wali Songo. 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Semarang, Nazar Nurdin
EditorReni Susanti
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM