Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Sosial Kritik Film "Kartini"

Kompas.com - 21/04/2017, 15:27 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

REMBANG, KOMPAS.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengkritik film "Kartini" yang menceritakan tentang sosok RA Kartini.

Khofifah menyayangkan, film berdurasi 119 menit dan disutradarai Hanung Bramantyo itu tidak menampilkan lagu "Ibu Kita Kartini".

"Saya ingin memberi masukan kepada para sineas film, para pemirsa, masyarakat, ini yang dilupakan semua. Mari menyanyikan lagu 'Ibu Kita Kartini'," kata Khofifah seusai berziarah di makam RA Kartini di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, Jumat (21/4/2017) tadi.

Baca juga: Terharu, Khofifah Teteskan Air Mata di Makam RA Kartini

Khofifah lalu berdiri dan mengajak warga lain yang hadir di lokasi pemakaman untuk berdiri. Mereka diminta menyanyikan bersama-sama lagu "Ibu Kita Kartini" sekaligus mengingat jasa pahlawan nasional ini.

"Ini masukan bagi tim yang ada di film 'Kartini'," ujar Ketua Umum Muslimat NU ini.

Tak lama kemudian, lagu wajib nasional "Ibu Kita Kartini" dinyanyikan semua warga yang hadiri di halaman pemakaman. Lagu ciptaan WR Supratman itu terdengar merdu siang itu.

Baca juga: Hari Kartini, Peselancar Perempuan "Surfing" dengan Mengenakan Kebaya

Kartini sendiri lahir di Mayong, Jepara pada 21 April 1879. Ia meninggal di Rembang, Jawa Tengah pada 17 September 1904 di usia 25 tahun. Kartini diangkat menjadi pahlawan nasional atas Keputusan Presiden No 108 tahun 1964 pada 2 Mei 1964.

Kompas TV Mensos Perhatikan Keberadaan Suku Terpencil (Bag 2)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com