Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Penikaman Palsukan Kematian Via Facebook dengan Unggah Foto Hidung Disumpal Kapas

Kompas.com - 20/04/2017, 20:08 WIB

MANADO, KOMPAS.com ? Seorang pria berinisial MT, tersangka kasus penikaman pada April 2016 di Kecamatan Tikala, dibekuk aparat Polsek Tikala dan Polres Halmahera Timur.

Dari informasi yang diperoleh Tribun Manado di Polsek Tikala, MT ditangkap oleh Polres Halmahera Timur, Sabtu (15/4/2017) di Desa Buli.

"Usai melakukan penikaman pada bulan April tahun lalu, MT lalu melarikan diri keluar Kota Manado," ujar Kapolsek Tikala AKP Andri Permana, Senin (17/4/2017).

MT sempat berusaha mengelabui petugas kepolisian dengan memalsukan kematiannya melalui akun Facebook miliknya.

"Jadi ketika tersangka berada di Kalimantan, dia sengaja meminta temannya meng-upload foto dirinya dan menuliskan keterangan kalau MT sudah meninggal akibat sakit," ujar Permana.

Ketika ditemui, MT yang merupakan warga Malendeng, Kecamatan Paal Dua, ini mengakui bahwa dia memang sempat berupaya memalsukan kematiannya.

"Saya pakai kain sarung kotak?kotak, lalu menutup lubang hidung dengan kapas dan berpose layaknya orang yang sudah meninggal. Lalu saya minta salah satu rekan saya untuk memfoto, dan meng-upload di Facebook," ungkap MT.

Pria 26 tahun yang berprofesi sebagai sopir itu juga mengaku sudah tiga kali berpindah kota.

"Pertama saya ke Palu, lalu saya ke Kalimantan dan terakhir di Halmahera Timur," tutur MT.

"Saya pikir dengan meng-upload foto di Facebook mereka sudah percaya, tapi ternyata tidak," lanjut dia.

MT dijemput oleh Petugas Polsek Tikala di Kota Ternate lalu tiba di Manado pada Minggu (16/4) pukul 18.00 Wita.

"Waktu diamankan di Polres Haltim, MT sempat kabur namun berhasil ditangkap lagi. Akan tetapi kali ini kaki kirinya harus kami tembak untuk mencegah tersangka melarikan diri lagi," tegas Permana.

Dari Informasi yang diperoleh, peristiwa penikaman ini terjadi karena MT tak terima dirinya ditegur korban saat sedang meneguk miras pada bulan April 2016.

Akibatnya MT dan salah satu rekannya menikam korban di bagian belakang. Setelah menikam korban, MT kemudian melarikan diri, sedangkan salah satu rekannya sudah diamankan petugas.

Berita ini telah tayang di Tribun Manado, Senin (17/4/2017), dengan judul: Hidung Ditutup Kapas, Foto Diunggah di Facebook, Menulis Status Mati, Pria Ini Ditangkap Polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com