Sedang Menggembala Sapi, Suyatno Temukan Bayi di Semak Belukar - Kompas.com

Sedang Menggembala Sapi, Suyatno Temukan Bayi di Semak Belukar

Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati
Kompas.com - 20/04/2017, 08:18 WIB
miraclebaby.co.uk Ilustrasi bayi.

PALU, KOMPAS.com – Seorang perempuan yang belum diketahui identitasnya, tega membuang bayi yang baru saja dilahirkannya. Bayi berjenis kelamin perempuan itu ditutup dengan menggunakan rumput ilalang kering,  kemudian ditinggalkannya begitu saja.

Saat ini pihak kepolisian masih mengumpulkan data untuk mencari tahu siapa ibu yang tega membuang bayi malang ini.

Dari keterangan polisi, peristiwa temuan bayi ini terjadi, Rabu (19/04/2017) sekitar pukul 17.30 Wita. Bayi dengan berat dua kilogram itu ditemukan oleh seorang penggembala sapi, Suyanto (37).

Menurut Kapolsek Palu Selatan Kompol Malsukri Makkaraja, saat sedang menggembala sapi, Suyanto melihat sosok perempuan di semak-semak di pinggir Jalan Adam Malik I, Kota Palu, Sulawesi tengah.

Baca juga: Pelajar SMK yang Membuang Bayi Diperbolehkan Ikut Ujian Nasional

Ia melihat sosok perempuan mencurigakan itu tengah membenahi posisi celana yang dipakainya. Ketika ditanya, si perempuan hanya menjawab jika ia sedang haid. Kemudian perempuan itu langsung meninggalkan lokasi dengan mengendarai sepeda motor Yamaha Mio Soul warna hitam.

Suyanto merasa curiga dengan gerak gerik perempuan tersebut. Usai perempuan itu pergi, Suyanto kemudian bergegas masuk ke dalam semak-semak untuk melihat apa yang terjadi.

“Saat dia masuk ke dalam semak-semak itu ia melihat ada bekas darah. Kemudian dia lihat ada tumpukan daun-daun kering. Dan saat tumpukan daun kering itu dibongkar, ia melihat sosok bayi,” kata Malsukri.

Dia menyebutkan, Suyanto kemudian mencari kardus untuk mengangkat bayi malang itu. Saat hendak mencari kardus ia kemudian bertemu dengan seorang perempuan bernama Wirna (28) dan menceritakan jika ia menemukan bayi yang masih hidup dibuang oleh ibunya.

Keduanya kemudian membawa bayi mungil itu ke Puskesmas Bulili yang tidak jauh dari tempta kejadian perkara. Saat ini kondisi sang bayi berangsur membaik dan dalam keadaan sehat.

Dugaan sementara ibu bayi tersebut tega membuang bayinya, lantaran hasil dari hubungan diluar nikah. Sementara itu hingga kini polisi masih memburu ibu yang tega membuang bayinya tersebut.

“Kita masih kumpulkan bukti-bukti di lapangan dari keterangan saksi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ibu bayi itu bisa kami tangkap untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” ucap Kapolsek.

Baca juga: Diduga Melahirkan Tanpa Bantuan, Ibu dan Bayi Ditemukan Meninggal

PenulisKontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati
EditorErlangga Djumena
Komentar

Close Ads X