Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejuta Bibit Cabai Dibagikan Gratis di Surabaya

Kompas.com - 17/04/2017, 23:55 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Lebih dari 1 juta bibit cabai dibagikan  gratis kepada warga Surabaya. Pembagian bibit cabai sengaja dibagikan agar warga tidak tergantung membeli cabai yang harganya masih tinggi di pasaran.

Sejak Sabtu (15/4/2017), bibit cabai tersebut dibagikan kepada warga di tempat-tempat umum seperti taman kota hingga ke bus angkutan umum oleh Komunitas Warga Surabaya.

"Selain itu juga dibagikan melalui 31 kecamatan yang ada di Surabaya, oleh Polisi dan Satpol PP," ujar Kusnan, Ketua Panitia gerakan "Surabaya Pedes", Senin (17/4/2017).

Kusnan menjelaskan, pembagian satu juta bibit cabai ini berlangsung tiga hari hingga hari ini, Senin (17/4/2017). Di hari terakhir, gerakan tersebut ditutup Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dengan menanam bibit cabai di bantaran Sungai Kalimas di Jalan Irian Barat.

"Saat harga cabai tidak terjangkau, jangan diam saja, mari berbuat dengan menanam cabai sendiri di rumah," kata Risma.

Dia berharap, dengan menanam sendiri, warga Surabaya tidak merasa terdampak melambungnya harga cabai yang menambah beban biaya produksi dapur rumah tangga. 

Kompas TV Harga cabai rawit di pasar tradisional Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, masih bertengger di atas 120 ribu rupiah per kilogram. Alasannya, pasokan cabai dari petani susut setelah panen terganggu. Para pedagang mengaku hingga kini pasokan cabai rawit dari petani masih sangat sedikit. Alhasil, pedagang terpaksa mencampur cabai kualitas bagus dengan cabai layu agar harga bisa turun. Untuk cabai kualitas bagus, saat ini harganya masih di atas Rp 150.000 rupiah per kilogram. Tidak hanya cabai rawit, cabai jenis lain pun kini malah mulai naik. Bahkan untuk jenis cabai keriting, kenaikannya mencapai 100%.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com