Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Malang, Wali Kota Fuqing China Jalin Kerja Sama Tiga Bidang

Kompas.com - 17/04/2017, 16:52 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Wali Kota Fuqing, Zhang Fan melakukan kunjungan kerja di Kota Malang, Senin (17/4/2017). Kunjungan kerja itu untuk membangun kerja sama antara Kota Fuqing dan Kota Malang.

Fuqing merupakan sebuah kota di Provinsi Fujian, Republik Rakyat China. Pada kesempatan itu, kedua wali kota, antara Wali Kota Fuqing dan Wali Kota Malang menandatangani kesepakatan kerja sama.

Baca juga: Akan Ada Jembatan Kaca di Kampung Warna-warni Malang

Wali Kota Malang M Anton mengatakan, kunjungan wali kota Fuqing ke Kota Malang merupakan kunjungan balasan setelah pada Desember 2015 lalu dirinya berkunjung ke kota itu. Melalui kunjungan balasan itu disepakati kerja sama kedua kota untuk sejumlah bidang. Seperti di bidang pendidikan, ekonomi dan budaya.

"Mereka melihat potensi Kota Malang sebagai kota perdagangan dan kota pendidikan. Terus di bidang budaya. Dia melihat ada potensi yang baik di Kota Malang," katanya.

Menurut Anton, kerja sama di bidang pendidikan akan diwujudkan dengan adanya pertukaran pelajar. Sementara kerja sama di bidang ekonomi akan diwujudkan dengan potensi ekonomi yang dimiliki oleh masing-masing kota.

"Tukar-menukar pelajar. Kami juga sampaikan kepada mereka tentang pengembangan UMKM kita. Seperti, di sana tidak ada tempe. Tapi di sana ada kedelai. Dia tadi sudah merasakan, ternyata tempe dari kedelai enak," jelasnya.

Anton mengatakan, Fuqing merupakan kota yang perkembangannya cukup maju. Menurutnya, pembangunan di Kota Malang masih kalah jauh dibanding dengan pembangunan yang ada di Kota Fuqing. Karena perkembangan yang maju itu lah, Pemerintah Kota Malang memilih untuk menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Fuqing.

"Karena di sana kita lihat pelabuhan yang sangat besar sekali. Terus juga perkantoran yang megah," katanya.

Wali Kota Fuqing, Zhang Fan mengatakan, pihaknya menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Malang karena Kota Malang merupakan daerah tempat warga Kota Fuqing merantau.

"Memilih Malang karena Malang tempat perantauan orang Fuqing yang terbesar. Sehingga kota ini yang dipilih," katanya.

Pihaknya berharap kunjungannya ke Kota Malang bisa mempererat hubungan kerja sama yang akan dibangun.

"Tujuan datang ke Malang kali ini adalah untuk penandatanganan MoU antara Kota Fuqing dengan Kota Malang. Dan, berharap dengan penandatanganan ini hubungan ke dua kota bisa semakin erat," katanya.

Baca juga: Pemprov Jabar dan Australia Selatan Kerja Sama Bangun "Public Artwork"

Ia tidak merinci bentuk kerja sama yang akan dibangun. Menurutnya, bentuk kerja sama yang akan dilakukan akan dibicarakan oleh masing-masing bidang yang menangani.

"Hari ini baru permulaannya. Nanti akan dibicarakan oleh bidang-bidang yang terkait," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com