Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orangtua Ini Mencari Anaknya yang 6 Tahun Tanpa Kabar di Arab Saudi

Kompas.com - 17/04/2017, 10:30 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL,KOMPAS.com - Kartini (52), terlihat duduk santai di dipan dari bambu yang ada di teras rumah, di rumahnya, Senin (17/04). 

Warga Dusun Gesan, Desa Gubuksari Kecamatan Pegandon Kendal, Jawa Tengah itu, sedikit terkejut ketika Kompas.com, memperkenalkan diri.

Ibu beranak dua ini, hanya menyambut tamunya dengan senyum, lalu masuk ke rumah sambil memanggil suaminya.

“Silakan masuk,” kata Kartini, yang keluar bersama suaminya Sarpani (60).

Baca juga: Pulang dari Malaysia, TKW Asal Lombok Melahirkan di Dalam Bus

Rumah Kartini hanya berlantai tanah. Sementara isi rumah berukuran sekitar 6 × 10 m itu, hanya seperangkat kursi dari kayu dan dipan bergikar pandan yang digunakan untuk rebahan.

Sambil menarik napas panjang , Kartini bercerita, mengenai anaknya, Musthofiatun yang tidak ada kabar berita sejak berangkat ke Arab Saudi menjadi tenaga kerja wanita (TKW) tahun 2011 silam.

Ia mengaku tidak tahu soal keberangkatan anaknya tersebut. Pasalnya, putri yang ia lahirkan pada 30 Maret 1989 tersebut, saat anaknya berangkat, dia juga masih menjadi TKW, di Arab.

“Saya jadi TKW di Arab, mulai tahun 2009 hingga 2014. Anak saya, berangkat tahun 2011,” ujarnya.

Kartini menyebutkan, sebelum berangkat ke Arab, Musthofiatun, bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Semarang. Namun, pada tahun 2011, berangkat ke Arab.

“Yang mengurus pemberangkatan anak saya nomor dua ke Arab itu, bapaknya,” tambahnya.

Kartini mengaku, keluarganya memang keluarga TKW. Sebab mencari kerja di Kendal sulit. Sementara ijazah anak-anaknya hanya SMP. “Anak saya yang nomor satu, baru saja berangkat jadi TKW ke Singapura,” ucapnya.

Baca juga: Kades Desak Usut Tuntas Kasus TKW yang Kehilangan Ginjal di Qatar

Sementara itu, Sarpani, dengan sedih mengatakan bahwa sejak berangkat ke Arab tahun 2011 hingga kini, sang anak belum ada kabar.

Pada tahun 2012, ia pernah mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kendal, menanyakan keberadaan anaknya. Namun hingga kini, belum ada jawaban.

“Anak saya ke Arab, kalau tidak salah lewat PJTKI Dwi Putra Citra Mandiri. Namun sekarang, PJTKI nya sudah tidak ada. Padahal semua dokumen anak kami, ada di PJTKI itu, “ tuturnya.

Sarpani berharap anaknya bisa ditemukan keberadaannya. Sebab, mereka sangat kangen dan ingin bertemu dengan.

“Kami tidak mempunyai dokumen anak saya. Baik foto, atau dokumen yang lain,” ujarnya.

Terkait dengan hal itu, kepala Disnakertrans Kendal, Ratno, mengaku baru tahu kalau ada warga Kendal yang 6 tahun jadi TKW di Arab, namun belum ada kabarnya. Ia berjanji akan melacak datanya ke BNP2TKI.

“Kami akan mencari PJTKI yang memberangkatkan Musthofiatun dulu, “ katanya.

Sekda Kendal, Bambang Dwiyono, saat mendapat kabar adanya TKW asal Kendal yang sudah 6 tahun belum ada kabar, meminta kepada Disnakertrans segera mencari tahu keberadaannya. “Harus cari tahu dulu, TKW itu legal apa ilegal, “ katanya. 

Baca juga: Cerai Susuk, Cara Perceraian TKW Asal Banyuwangi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com