Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Korban Tertimbun di Lubang Tambang Emas Bertahan Hidup lewat Selang

Kompas.com - 14/04/2017, 04:21 WIB

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Sebanyak 13 orang terjebak saat sedang menggali di dalam lubang tambang emas rakyat di Minahasa Utara, Kamis (13/4/2017).

Ke-13 korban yang berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat tersebut adalah, Ubri, Diki, Karno, Wawan, Dian, Asep, Nana, Nono, Ugi, Opim, Ali, Aep, Ali. Mereka terjebak di dalam lubang saat lubang masuk berukuran 1,5 meter kali 1,5 meter sedalam 42 meter ini mengalami longsor.

"Saat longsor terjadi dan menutup lubang masuk, mereka berada di lubang percabangan lainnya yang dalamnya sekitar 40 meter," ujar Camat Dimembe Marco Karompong.

(Baca juga: 13 Pekerja Tertimbun di Lubang Tambang Emas Sedalam 42 Meter)

 

Hingga Jumat (14/4/2017) dini hari, upaya penyelamatan terus dilakukan. Warga yang membanutu proses evakuasi berusaha menggali dan menyingkirkan material longsoran memastikan bahwa para korban masih hidup.

"Kami masih bisa berkomunikasi dengan mereka lewat selang pernapasan," ujar Agus salah satu warga yang menbantu proses evakuasi.

Kejadian naas itu terjadi sekitar pukul 16.00 WITA. Regu penolong berusaha menyuplai minuman lewat selang pernafasan yang terbuat dari plastik agar mereka tetap bertahan.

(Baca juga: Impian Penambang Emas Manado)

"Minuman seperti susu, disalurkan melalui selang plastik. Selang itu tembus hingga ke titik para korban," jelas Kepala Desa Tatelu John Lausan. Sementara itu Kepala Basarnas Manado Budi C menjelaskan upaya penyelamatan awal diserahkan kepada para petambang.

"Mereka sudah terlatih di ruang yang sangat sempit. Kami berupaya membantu. Semoga para korban semuanya selamat," kata Budi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com