Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedatangan Jokowi ke Bandung Diwarnai Unjuk Rasa Mahasiswa

Kompas.com - 12/04/2017, 15:34 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa mewarnai kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Bandung, Rabu (12/4/2017).

Unjuk rasa yang dilakukan BEM REMA UPI dan Aliansi BEM Seluruh Indonesia Wilayah Jawa Barat di depan Gedung Sate tersebut mengkritik sejumlah kebijakan pemerintah yang dinilai tidak pro-rakyat.

Menteri Luar Negeri BEM REMA UPI yang ikut dalam aksi tersebut, Arif Rahmat Sidiq, mengatakan mereka mempertanyakan langkah Pemerintah RI yang pada tahun ini menaikkan tarif dasar listrik. Selain itu, katanya, peredaran BBM bersubsidi, yakni Premium di pasaran pun kian sulit dijumpai.

"Pemerintah menjamin tidak akan ada kelangkaan BBM bersubsidi, tapi faktanya kita sekarang kesulitan menemukan premium. Kenaikan tarif dasar listrik kapasitas 900 watt juga membuat masyarakat shock dan kesulitan," kata Arif di sela aksi tersebut.

(Baca juga: 20 Menit Blusukan di Teras Cihampelas, Jokowi Puji Ridwan Kamil)

Massa pun akhirnya menuntut Pemerintah RI untuk menaati janjinya kepada masyarakat dalam hal pemenuhan energi, tanpa kelangkaan bahan bakar bersubsidi. Mereka menuntut pemerintah mengembalikan tarif dasar listrik dan kembali memasarkan BBM bersubsidi secara normal di pasaran.

Mereka pun mengkritik proses pembangunan Kereta Cepat Indonesia Cina rute Jakarta-Bandung, yang dinilai merugikan sejumlah masyarakat yang terlewati jalur kereta tersebut, termasuk masalah amdal dan perizinan yang seharusnya dilakukan tanpa intimidasi kepada masyarakat sekitarnya dan tanpa konflik.

Massa pun menuntut KPK mengusut tuntas kasus korupsi e-KTP yang sangat merugikan masyarakat Indonesia. Sebab hingga kini, e-KTP tidak dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pilkada. Massa menuntut pemerintah supaya menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan segera.

(Baca juga: Hadir di Bandung, Jokowi Penuhi Janjinya ke Ridwan Kamil)

Sebelumnya di hari yang sama, Aliansi Cinta NKRI menggelar aksi unjuk rasa menolak beredarnya faham radikal di Indonesia dan menolak separatisme di Indonesia. Terakhir, PMII pun berunjuk rasa dengan tema yang sama, yaitu menolak paham radikal di Indonesia.

Berita ini telah tayang di Tribun Jabar, Rabu (12/4/2017), dengan judul: Kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Bandung Diwarnai Aksi Unjukrasa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com