Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumatera Selatan Bakal Punya PLTB

Kompas.com - 10/04/2017, 21:30 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menghadiri penandatanganan kerjasama antara Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dengan Menteri Lingkungan Jepang. Kesepakatan kerjasama itu dilaksanakan pada kunjungan ke Jepang bertajuk 'Japan's Assistance initiative to Address Climate Change dan Japan's Investment on Peatland' di Tokyo, Senin (10/4/2017).

Pada kunjungan tersebut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya mengatakan Sumatera Selatan akan menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Biomass (PLTB).
 
Berdasarkan yang dipaparkan Menteri Lingkungan Jepang di Indonesia terdapat sekitar 20 proyek terkait lingkungan. Selanjutnya, pihak Jepang yang diwakili JICA saat ini sedang melakukan pembahasan tentang tata kelola air untuk rewetting lahan gambut. Tata kelola itu sebagai upaya pencegahan kebakaran dan restorasi lahan gambut pada 3 provinsi di Indonesia, yaitu Sumsel, Riau dan Kalteng.
 
Saat ini Sumatera Selatan memiliki 8 unit pemantauan permukaan air tanah dan temperatur tanah atau Sesame Water logger. Nantinya, jika permukaan air tanah di bawah 40 cm atau kelembapan di bawah 40 persen, pihak Pemprov Sumsel dapat mengetahui bahwa kondisi tersebut sangat rawan kebakaran.
 
"Selain itu, proyek lainnya yang akan diprioritaskan adalah waste management dan energi terbarukan seperti panas bumi, mikro hidro dan biomasa," ujar Alex Noerdin.
 
Alex mengatakan Sumsel saat ini memiliki cadangan panas bumi yang cukup besar, termasuk potensi biomassa dari batang kelapa sawit.
 
"Setiap tahun ada sekitar 20.000 hektar lahan yang harus di-replanting. Selain itu, ada teknologi hidrogen dengan mobile power plant untuk masyarakat di kawasan-kawasan pedalaman atau remote area," kata Alex.
 
Dok Pemprov Sumsel Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menghadiri penandatanganan kerjasama antara Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dengan Menteri Lingkungan Jepang pada Japans Assistance initiative to Address Climate Change dan Japans Investment on Peatland di Tokyo, Jepang, Senin (10/4/2017).
Beberapa hari ke depan Alex juga dijadwalkan menjadi pembicara tentang pemanfatan gambut kerjasama KLHK-BRG dan JICA. Gubernur Sumsel itu akan berbicara di hadapan para ahli dari Universitas Tokyo, Universitas Kyoto, Universitas Hokkaido, serta pemerhati lingkungan dan pelaku bisnis di Tokyo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com