Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Kartu Indonesia Sehat, Pria Ini Tipu Korbannya via Medsos

Kompas.com - 10/04/2017, 19:32 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Direktorat Kriminal Khusus Polda Jawa Timur membongkar kasus penipuan melalui media sosial. Pelaku bernama Junaidi ini memanfaatkan Kartu Indonesia Sehat sebagai identitas palsu.

Dengan kartu tersebut, pelaku menawarkan produk khusus melalui grup Facebook yang dibuatnya. Pelaku memiliki setidaknya lima Kartu Indonesia Sehat dengan nama dan alamat yang berbeda.

"Ini masih diselidiki, dari mana pelaku memperoleh Kartu Indonesia Sehat," ujar Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Frans Barung Mangera, Senin (10/4/2017).

Dalam akun Facebook fiktif itu, pelaku menawarkan produk secara online. Salah satu produk yang dijual adalah kamera tipe SLR dengan merek terkenal seharga Rp 2 juta.

"Foto produk dipajang secara meyakinkan dan resmi dibeli oleh salah satu anggota grup tersebut," tuturnya.

(Baca juga: Polri Banyak Kejahatan Besar Tersembunyi di "Money Changer")

Namun setelah pembeli mengirim uang ke rekening yang ditentukan pelaku, barang tidak juga terkirim. Polisi memburu keberadaan Junaedi hingga ke Lampung.

Melihat barang bukti yang berhasil disita, polisi meyakini jika tersangka tidak bekerja sendiri, namun ia berjaringan ke beberapa daerah.

(Baca juga: Indonesia Peringkat 22 Pelaku Kejahatan Online)

 

Barang bukti yang disita dari tersangka adalah, 24 telepon genggam, 8 buku tabungan, 8 kartu ATM, 8 simcard, tiga kartu kredit, serta lima Kartu Indonesia Sehat yang beralamat di pedalaman Provinsi Lampung. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com