Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Terkait ISIS, Anggota Fraksi PKS DPRD Pasuruan Dipulangkan

Kompas.com - 10/04/2017, 15:12 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Polisi memulangkan Muhammad Nadir Umar, anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Senin (10/4/2017) pagi, setelah dinyatakan tidak terbukti memiliki hubungan dengan jaringan Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS.

"Tadi malam selesai diperiksa, pagi tadi dipulangkan. Mungkin siang ini sudah sampai di rumahnya," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Frans Barung Mangera, Senin (10/4/2017).

Polisi tidak memiliki wewenang memeriksanya terkait hingga alasan dia sampai dideportasi dari Turki.

"Yang pasti, siapapun deportan dari negara tertentu yang terkait dengan radikalisme, pasti diperiksa lagi oleh polisi," ungkapnya.

Polisi, lanjut dia, juga tidak mendalami tujuan keberangkatannya ke luar negeri tanpa seizin pimpinan DPRD Kabupaten Pasuruan.

"Soal administrasi sebagai anggota DPRD itu urusan lain," ucapnya.

(Baca juga: PKS Pasuruan: Nadir Sering ke Luar Negeri untuk Umrah dan Misi Kemanusian)

Nadir ditangkap Densus 88 di Terminal II Bandara Internasional Juanda Surabaya, Sabtu, setelah turun dari pesawat dari Kuala Lumpur Malaysia sekitar pukul 15.21 WIB. Dia dideportasi oleh pemerintah Turki karena memasuki kawasan perbatasan Suriah pada 5 April lalu.

(Baca juga: Anggota Fraksi PKS Ditangkap Densus 88 setelah Dideportasi dari Turki)

Nadir mengaku datang ke Turki sebagai relawan kemanusiaan dari Yayasan Qouri Ummah. Dia berangkat pada 31 Maret 2017 dengan membawa uang donasi sebesar 20.000 dollar AS untuk para pengungsi di Turki dan Lebanon.

 

Kompas TV Polda Jatim Klarifikasi M.Nadir Umar Tidak Terkait ISIS
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com