Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Speedboat" Berpenumpang 27 Orang Alami Kecelakaan di Maluku Tenggara

Kompas.com - 09/04/2017, 07:46 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Speedboat berpenumpang 27 orang mengalami kecelakaan di perairan Maluku Tenggara, Sabtu (8/4/2017).

Dari informasi yang dihimpun, speedboat tersebut mengalami kecelakaan saat bertolak dari Pelabuan Tual menuju Desa Ad, Kecamatan Kei Besar Utara Barat pada pukul 12.00 WIT.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Namun, seorang penumpang dilaporkan mengalami luka di bagian tangannya karena terkena pecahan kaca saat berusaha menolong penumpang lainnya dari dalam speedboat.

(Baca juga: "Speedboat" Tenggelam, Tiga Penumpang Termasuk Balita Masih Hilang)

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Maluku John Hursepuny kepada Kompas.com menyampaikan, dari laporan yang didapat, speedboat tersebut mengalami gangguan pada bagian mesin.

“Semua penumpang selamat, dan hanya satu penumpang yang terluka dan telah ditangani oleh petugas medis. Musibah itu terjadi karena mesin speedboad mengalami kerusakan dan satunya lagi tidak berfungsi setelah dihantam gelombang,” kata Jhon, Sabtu malam.

Dia mengatakan, informasi mengenai kecelakaan tersebut didapat setelah sejumlah warga mendatangi kantor BPBD Maluku Tenggara untuk melaporkan insiden tersebut.

”Setelah dilaporkan petugas BPBD, Basarnas dan instansi terkait lainnya langsung melakukan evakuasi terhadap para penumang dengan menggunakan tiga buah speedboat,” ujarnya.

(Baca juga: "Speedboat" Tenggelam, Seorang Penumpang Tewas )

Dia menambahkan, semua penumpang yang selamat kemudian ditampung sementara di rumah-rumah warga di empat desa bertetangga di wilayah tersebut, yakni di Desa Hoor, Desa Waer, Desa Lar, dan Desa Mun.

“Para penumpang ini umumnya pulang ke kampung halaman untuk merayakan acara keagamaan,” kata dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com