Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanker Pertamina Tabrakan dengan Kargo, Stok BBM Kalbar Masih Aman

Kompas.com - 07/04/2017, 13:51 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Tabrakan kapal tanker MT Samudera Biru 168 milik Pertamina yang terjadi di Sungai Kapuas, Kalimantan Barat pada Jumat (7/4/2017) sekitar pukul 00.30 WIB tidak berpengaruh pada stok bahan bakar.

Kapal tersebut membawa 3.400 kiloliter BBM jenis pertalite dan pertamax dari Jakarta menuju Pontianak.

Area Manager Communication and Relation Kalimantan PT Pertamina, Alicia Irzanova mengatakan, masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir dengan peristiwa tabrakan tersebut, karena saat ini stok di Terminal BBM Pontianak sangat banyak, mencapai 5,9 juta liter premium dan 2,3 juta liter solar.

"Sedangkan untuk stok pertamax akan disuplai dari terminal BBM terdekat, yaitu Terminal BBM Sanggau dan Sintang," ujar Alicia, Jumat (7/4/2017).

Baca juga: Ditabrak Kapal Kargo, Tanker BBM Terbakar

Alicia menambahkan, PT Pertamina saat ini sedang mempersiapkan bahan bakar jenis pertalite yang akan segera dikirim menyikapi peristiwa tabrakan ini.

"Diperkirakan lusa besok (9/4/2017) sudah akan ada suplai berikutnya, yaitu untuk produk pertalite dan pertamax yang saat ini sedang persiapan untuk keberangkatan dari Merak," tambahnya.

Saat ini, pihak Pertamina masih merinci estimasi kerugian akibat tabrakan tersebut. Untuk penyelesaiannya, Alicia menambahkan, pihaknya akan berkomunikasi secara internal dengan pihak kapal kargo tersebut.

Sementara itu, Direktur Dit Polair Polda Kalbar, Kombes Pol Alex Fauzi memaparkan, kecelakaan tersebut berawal ketika kemudi kapal KM Rokan Permai yang membawa kernel tidak berfungsi saat hendak keluar menuju arah muara. Pada saat yang bersamaan, kapal tanker masuk dari arah muara. Karena pada saat itu kondisi air pasang, sehingga kapal tanker melaju lebih cepat mengikuti arus.

"Pada saat jarak hanya sekitar 100 meter, KM Rokan Permai tidak bisa membelokkan kapal karena kemudi tidak berfungsi. Berdasarkan keterangan kapten kapal, dia sempat memerintahkan untuk mematikan mesin kapal, namun karena jarak sudah semakin dekat hingga akhirnya menabrak lambung kanan kapal," ujar Alex.

Hingga saat ini, proses pemadaman kapal tanker yang terbakar masih dilakukan. Sedangkan kapal kargo KM Rokan Permai sudah ditarik ke pelabuhan terdekat.

Kompas TV Kapal Tanker Kandas, Terumbu Karang Kolaka Rusak
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com