Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Lereng Gunung Wilis, Puluhan Orang Mengungsi

Kompas.com - 07/04/2017, 13:18 WIB
M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Sebanyak enam rumah mengalami rusak berat akibat tersapu longsor di Dusun Selorejo, Desa Surat, Kecamatan, Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Desa ini berada di kawasan lereng Gunung Wilis.

Bencana alam itu terjadi, Kamis (6/4/2017) sekitar pukul 14.30 WIB. Tanah lereng setinggai 50 meter mengalami longsor sepanjang 100 meter. Material longsoran terjun bebas lalu menimpa rumah yang ada di bawahnya.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah yang diawali hujan lebat itu. Namun sebanyak 41 orang mengungsi di balai desa setempat karena rumah mereka rusak tidak layak huni.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri Randi Agata, mengatakan, saat ini pihaknya masih fokus pada penyelamatan jiwa warga yang menjadi pengungsi.

"Fokus saat ini tentu pada penyelamatan jiwa dan pemenuhan kebutuhan yang layak bagi mereka," ujar Randi Agata, Jumat (7/4/2017).

Randi menambahkan, penyisiran lokasi longsor hingga saat ini belum bisa dilakukan karena tingkat kerawanan pada lokasi bencana. Hal itu mengingat kontur tanah masih gembur sehingga cukup labil.

Pembersihan puing, menurutnya akan dilakukan setelah dilaksanakan mitigasi atau pemantauan lokasi longsor. Jika hasil mitigasi itu menunjukkan bisa dilakukan pembersihan puing, akan ditindaklanjuti dengan penerjunan personil untuk melakukannya.

"Saat ini masih melakukan mitigasi pada lokasi bencana," ucap dia.

Randi mengatakan, selain 6 rumah yang mengalami rusak berat, ada 7 rumah lainnya yang berpotensi turut menjadi korban karena berada di kawasan rawan longsor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com