Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Longsor Ponorogo, Ujian Semester di SD Banaran Ditunda

Kompas.com - 07/04/2017, 08:19 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

PONOROGO, KOMPAS.com - Sebanyak 26 siswa kelas VI SD Negeri Banaran batal mengikuti ujian semester genap 2017 lantaran terdampak bencana longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

"Seharusnya Senin (3/4/2017) lalu siswa-siswi kelas enam mengikuti ujian semesteran. Tapi karena ada bencana longsor, terpaksa ujiannya ditunda," kata Kepala SDN Banaran, Sukarti saat ditemui di Masjid Ibadus Sholihin, Desa Banaran, Kamis ( 6/4/2017).

Aktivitas belajar dan mengajar siswa SDN Banaran dipindahkan ke Masjid Ibadus Sholihin pasca bencana longsor menimbun 23 rumah warga setempat.

Baca juga: Pengungsi Longsor Ponorogo Mulai Terserang Mual dan Pusing

Sesuai jadwal ujian semester bagi siswa kelas VI seharusnya dilaksanakan mulai Senin (3/4/2017) hingga Sabtu (8/4/2017). Lantaran terjadi bencana, ujian itu baru akan dilaksanakan pada Senin (10/4/2017) depan.

"Untuk lokasi atau tempat pelaksanaan ujian semester, tergantung dengan kondisi keamanan," kata Sukarti.

Sukarti mengatakan apabila masih rawan terjadi longsor susulan maka, pelaksanaan ujian semester digelar di rumah warga yang jauh dari lokasi rawan longsor.

Dia berharap, ujian semester dapat terlaksana pada Senin, pekan depan. Sebab, selain ujian semester, siswa kelas VI juga harus mengikuti ujian praktek pada 17 April 2017.

Sukarti menambahkan, akibat tanah longsor, sejumlah siswa kesulitan belajar selama tinggal di pengungsian. Tak hanya itu, beberapa siswa kelas VI korban bencana tanah longsor juga kehilangan buku pelajaran. Pantuan di lokasi dari 169 jumlah siswa SDN Banaran sekitar 60 siswa yang hadir. 

Baca juga: Nenek Ratun: Rumah, Anak, Menantu, dan 6 Kerabat Saya Hilang Tertimbun Longsor...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com