Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program E-Warung Diresmikan di Bangka Tanpa Bantuan APBN

Kompas.com - 05/04/2017, 22:17 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Sebanyak 3 dari 11 target pembangunan e-warung atau warung elektronik bagi anggota Program Keluarga Harapan (PKH), mulai dioperasikan di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. 

Pemilik kartu transaksi, diminta berhati-hati dan bijak dalam menggunakan bantuan yang telah diberikan pemerintah melalui Kementerian Sosial, bekerja sama dengan Bank BRI tersebut.

Alhamdulillah program e-warung ini sudah bisa berjalan meskipun APBN nya belum ada. Berbagai pihak bersedia bekerja sama sehingga kita sudah bisa jalan,” ujar Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa seusai peresmian e-warung di Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (5/4/2017).

(Baca juga: Untuk Pertama Kali, E-Warung Dikelola Penyandang Disabilitas)

Khofifah menjelaskan, dengna kartu transaksi elektronik, warga bisa berbelanja kebutuhan pokok dan menarik uang tunai. Bahan pokok yang bisa dibeli kartu ini di antaranya beras, gula, minyak goreng, dan tepung yang penyediaannya dikerjasamakan dengan Bulog. 

“Semua transaksi dilakukan di e-warung atau layanan mobil keliling,” ujar Khofifah.

Secara nasional, sambung Khofifah, warga yang masuk program keluarga harapan mencapai 6 juta keluarga. Untuk Kepulauan Bangka Belitung sendiri, penerima PKH tahun 2017 sebanyak 8.000 lebih. Jumlah ini akan ditambah hingga mencapai 10.000 keluarga.

(Baca juga: 2017, Pemerintah Targetkan 3 Juta Warga Miskin Terakses E-Warung)

 

Bantuan yang disalurkan pemerintah untuk PKH meliputi biaya pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar, pelayanan kesehatan melalui Kartu Indonesia Sehat. Selain itu ada program pelayanan bagi ibu hamil, lanjut usia, dan perbaikan rumah tak layak huni.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com