Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambora Challenge, Para Pelari Tempuh Jarak 320 Km menuju Dompu

Kompas.com - 05/04/2017, 22:01 WIB
Syarifudin

Penulis

SUMBAWA BARAT, KOMPAS.com - Bendera start dikibas di Lapangan Tambak Sari, Kecamatan Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Rabu (5/4/2017) sekitar pukul 15.00 Wita, tanda Tambora Challenge 2017 dimulai.

Sebanyak 23 pelari dilepas oleh pimpinan Redaksi Harian Kompas Budiman Tanuredjo, Kepala Dinas Provinsi NTB Lalu Muhammad Faozal dan Bupati KSB Musyafirin. Mereka akan menyelusuri Pulau Sumbawa.

Peserta dibagi menjadi dua kategori, yaitu Ultra Marathon dan Relay Run dengan berlari sejauh 320 kilometer.

Para berlari ini melintasi Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa Besar dan Dompu selama 3 hari dan diharapkan selesai di Doro Ncanga pada Sabtu 8 April 2017.

Lintas Sumbawa menjadi event terberat saat ini dengan menempuh perjalanan selama 72 jam. Seluruh jalur yang digunakan memiliki pemandangan yang indah yang hampir seluruhnya berada di pesisir pantai dengan rata-rata berada di elevasi di bawah 80 meter.

Sekitar 160 kilometer dari garis start, peserta tiba di check point yang berada di 7 titik.

Tambora Challenge digelar atas kerjasama Harian Kompas, Kemenpar, Pemerintah Provinsi NTB dan seluruh kota dan kabupaten di Pulau Sumbawa.

Lari lintas sumbawa 320 kilometer ini adalah rangkaian untuk memperingati acara tahunan perayaan meletusnya Gunung Tambora dengan berlari menyelusuri Pulau Sumbawa selama tiga hari.

Kegiatan bertajuk festival pesona Tambora 2017 merupakan kelanjutan program Tambora Menyapa Dunia yang digelar untuk memperingati 200 tahun letusan Gunung Tambora.

 

Kompas TV Letusan Gunung Tambora pada 1815 menyisakan kisah hingga kini
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com