KPU Tetapkan Istri Wali Kota Petahana sebagai Wali Kota Terpilih Kota Batu - Kompas.com

KPU Tetapkan Istri Wali Kota Petahana sebagai Wali Kota Terpilih Kota Batu

Kontributor Malang, Andi Hartik
Kompas.com - 05/04/2017, 14:18 WIB
KOMPAS.com / Andi Hartik Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Kota Batu Dewanti Rumpoko (berkerudung) dan Punjul Santoso (tiga dari kanan) saat penetapan oleh KPU Kota Batu, Rabu (5/4/2017)

MALANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menetapkan pasangan calon nomor urut 2, Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso sebagai pasangan calon terpilih Pilkada Kota Batu, Rabu (5/4/2017) di Hotel Singhasari Resort Kota Batu.

Dewanti merupakan istri dari Wali Kota Batu petahana Eddy Rumpoko. Sementara Punjul Santoso merupakan wakil wali kota petahana yang kembali terpilih.

Penetapan pasangan calon dilakukan setelah KPU memastikan tidak ada lagi proses hukum terkait perselisihan pelaksanaan Pilkada Kota Batu. Gugatan yang dilakukan oleh pasangan lainnya ke Mahkamah Konstitusi ditolak.

"Perihal perselisihan Pilkada Kota Batu sudah dinyatakan bahwa permohonan dari pemohon tidak diterima. Oleh karena itu, saudari Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu tahun 2017," katanya.

Dewanti Rumpoko-Punjul Santoso dinyatakan unggul dengan perolehan 51.754 suara atau 44,57 persen dari total suara sah. Dalam sambutannya, Dewanti mengaku bersyukur bisa memenangkan ajang pesta demokrasi itu.

Ia juga menceritakan kisahnya yang sempat berpisah rumah dengan suaminya selama tahapan pilkada berlangsung.

"Karena anjuran dari KPU seperti itu. Dan, alhamdulillah pisah rumah itu hanya tiga bulan. Ada hari libur dan akhirnya kita sembunyi-sembunyi bertemu," katanya.

Dewanti juga meminta kepada seluruh warga Kota Batu untuk bersama-sama membangun Kota Batu.

"44,57 persen kami berdua terpilih oleh masyarakat Kota Batu. Masih ada separuh lebih. Oleh sebab itu, walaupun pada waktu pemilu banyak masyarakat yang tidak satu misi. Tapi tidak ada satu pun masyarakat Kota Batu yang tidak ingin Kota Batu semakin maju," jelasnya.

Wakil wali kota petahana yang kembali terpilih, Punjul Santoso meminta dukungan semua pihak untuk melanjutkan pengabdiannya sebagai wakil wali Kota Batu.

"Doakan Ibu Dewanti dan saya menjadi pemimpin yang amanah," jelasnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Malang, Andi Hartik
EditorFarid Assifa
Komentar