Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cagar Alam Panua Dirambah, Pohon Mangrove Ditebangi Dijadikan Tambak

Kompas.com - 04/04/2017, 12:56 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com  -  Cagar Alam Panua dirambah orang tidak dikenal. Sejumlah pohon mangrove ditebang untuk dijadikan tambak ikan.

Kerusakan kawasan konservasi ini ditemukan oleh petugas yang sedang berpatroli. Kawasan yang mangrove yang ditebang merupakan bekas penebangan sebelumnya. Namun tidak diketahui siapa yang menebang.

“Petugas kami bersama aparat kepolisian masih di lokasi untuk mengukur seberapa luas mangrove yang ditebang,” kata Syamsuddin Hadju, Kepala Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (KSDA) Gorontalo, Selasa (4/4/2017).

Di lokasi kejadian ditemukan gubuk yang sudah lama didirikan,  di dalamnya terdapat peralatan penebangan mangrove. Untuk menuju ke lokasi ini petugas harus menggunakan perahu mengitari hutan mangrove.

“Kami juga sedang mencari titik koordinat lokasinya, yang pasti sudah berada dalam kawasan Cagar Alam Panua, habitat burung maleo,” kata Syamsuddin Hadju.

Syamsuddin Hadju menambahkan, kawasan yang dirusak ini lokasinya berdekatan dengan peneluran burung maleo, endemik Sulawesi.

Baca juga: Demi Anoa, Babirusa, dan Maleo...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com