Cagar Alam Panua Dirambah, Pohon Mangrove Ditebangi Dijadikan Tambak - Kompas.com

Cagar Alam Panua Dirambah, Pohon Mangrove Ditebangi Dijadikan Tambak

Kontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar
Kompas.com - 04/04/2017, 12:56 WIB
KOMPAS.COM/ROSYID AZHAR Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Gorontalo sedang memeriksa lokasi penebangan mangrove oleh orang tidak dikenal

GORONTALO, KOMPAS.com  -  Cagar Alam Panua dirambah orang tidak dikenal. Sejumlah pohon mangrove ditebang untuk dijadikan tambak ikan.

Kerusakan kawasan konservasi ini ditemukan oleh petugas yang sedang berpatroli. Kawasan yang mangrove yang ditebang merupakan bekas penebangan sebelumnya. Namun tidak diketahui siapa yang menebang.

“Petugas kami bersama aparat kepolisian masih di lokasi untuk mengukur seberapa luas mangrove yang ditebang,” kata Syamsuddin Hadju, Kepala Balai Konsevasi Sumber Daya Alam (KSDA) Gorontalo, Selasa (4/4/2017).

Di lokasi kejadian ditemukan gubuk yang sudah lama didirikan,  di dalamnya terdapat peralatan penebangan mangrove. Untuk menuju ke lokasi ini petugas harus menggunakan perahu mengitari hutan mangrove.

“Kami juga sedang mencari titik koordinat lokasinya, yang pasti sudah berada dalam kawasan Cagar Alam Panua, habitat burung maleo,” kata Syamsuddin Hadju.

Syamsuddin Hadju menambahkan, kawasan yang dirusak ini lokasinya berdekatan dengan peneluran burung maleo, endemik Sulawesi.

Baca juga: Demi Anoa, Babirusa, dan Maleo...

PenulisKontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar
EditorErlangga Djumena
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM