Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semangat Sahrul Jalani UN dengan Luka Bakar di Kaki

Kompas.com - 04/04/2017, 11:35 WIB
Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Seorang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sahrul (18), menjalani ujian nasional (UN) di Ruang Mawar Rumah Sakit Bahteramas Sultra akibat luka bakar di bagian kaki kanannya.

Eva, guru SMKN 5 Kendari yang menjadi pengawas UN menuturkan bahwa anak didiknya harus mengikuti Ujian Nasional mulai hari pertama kemarin karena luka bakar yang dialaminya.

Dari 76 siswa yang terdaftar sebagai peserta UN di SMK 5, hanya satu siswa yang menjalani UN di rumah sakit.

"Pihak sekolah terima pemberitahuan dari orangtua Sahrun hari Minggu, kalau ada satu peserta UN yang mengalami musibah sehingga panitia membuat SK dan mengutus saya untuk jadi pengawasnya di Rumah Sakit Bahteramas Kendari," ungkap Eva, Selasa (4/4/2017).

Sahrul harus menjalani UN di rumah sakit akibat setengah kaki kanan mengalami luka bakar serius, sehingga harus dioperasi.

"Alhamdullilah lancar menjawab soal UN, kan hanya kakinya yang cedera jadi tidak berpengaruh dengan pikirannya," ujarnya.

(Baca juga: UN Tak Mesti Pakai Komputer)

Menurut Eva, insiden yang menimpa siswa didiknya berawal saat Sahrul tengah menyedot bahan bakar minyak milik salah seorang pengendara motor yang tengah terparkir di bengkel tempat ia bekerja di Jalan Y Wayong By Pass Lepo-Lepo, Kendari.

"Dia kerja di bengkel, ada pelanggan yang lagi sedot bensinnya motor, tapi tiba-tiba ada yang buang puntung rokok di dekat botol yang isinya Pertamax," tuturnya.

Kemudian api langsung menyambar botol berisi Pertamax sehingga membuat teman kerjanya panik.

"Temannya panik, lalu tendang botol itu dan kena ke Sahrul. Dia sudah berusaha mematikan api yang kena kaki kanannya, tapi api tidak padam, akhirnya dia guling-guling di rumput, baru mau mati apinya kasihan," ungkapnya.

Untuk di Sultra, ada 95.813 siswa yang mengikuti Ujian Nasional dari 1.647 satuan pendidikan.

Ada 13 SMK di Sultra yang melaksanakan Ujian berbasis Komputer, dua di antaranya berada di Kota Kendari. Pelaksanaan UN minggu ini dilaksanakan oleh siswa dari Sekolah Kejuruan dan minggu depan akan diperuntukkan bagi peserta Sekolah Menengah Umum (SMU).

(Baca juga: Mendikbud Minta "Hacker" Tak Ganggu Pelaksanaan UN Berbasis Komputer)

 

Kompas TV Hari Pertama UN Berbasis Komputer

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com