Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Siswi SMP Cari Sumbangan untuk Operasi Sang Ayah

Kompas.com - 03/04/2017, 20:35 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com – Anisa, pelajar kelas 7, SMP Negeri 9 Kota Parepare, Sulawesi Selatan, sudah 12 hari tidak masuk sekolah. Ia terpaksa melakukannya untuk berkeliling meminta sumbangan agar ayahnya bisa dioperasi. 

Annas, ayah Anisa divonis menderita penyakit jantung. Dokter menyarankan Annas melakukan operasi katup jantung dan membutuhkan biaya sekitar Rp 5 juta. 

Karena tidak memiliki uang, Anisa berinisiatif mencari sumbangan. Ia membawa map berisi proposal disertai foto sang ayah yang terbaring lemah di rumahnya, di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bacuki Barat, Kota Parepare. 

Namun itu tidaklah mudah. Annisa kerap diusir, dicaci maki dan dianggap hendak menipu. 

"Saat mencari sumbangan, kerap saya diusir dan dicaci sama warga, namun saya harus mencari uang demi kesembuhan Bapak," ucapnya.

(Baca juga: 11 Tahun Arif Dibiarkan Derita Hidrosefalus karena Orangtuanya Miskin)

Annas beserta istri dan lima orang anaknya tinggal di sebuah gubuk berukuran 2x4 meter. Gubuk tersebut berdiri si atas selokan dan berdindingkan bekas baligho anggota DPRD. 

Dulu, Annas bekerja sebagai tukang batu. Namun sejak sakit jantung, ia tidak bisa bekerja. Kebutuhan rumah tangga pun bertumpu pada sang istri yang berprofesi sebagai buruh cuci berpenghasilan Rp 30 ribu per hari.

"Saya mohon bantuan kepada Pemerintah Kota Parepare, saya mohon pedulilah sama suami saya yang membutuhkan biaya operasi," tutur istri Annas, Ida Wati.

(Baca juga: Idap Tuberkolosis, Pasutri Miskin Coba Bunuh Diri Sekeluarga)

 

Mendengar hal ini, Wakil Ketua DPRD Kota Parepare, Rahmat Sjamsul Alam, mengunjungi Annas beserta keluarganya. Ia pun memberikan sumbangan berupa auang.

“Miris melihat kondisi warga kami. Ia sakit dan tinggalnya di atas Selokan. Kami membantu dengan ala kadarnya," tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com