Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Penuhi Janji Nikah Siri dan Pengangkatan PNS, Bupati Cirebon Dilaporkan ke Polisi

Kompas.com - 30/03/2017, 12:11 WIB
Muhamad Syahri Romdhon

Penulis

CIREBON, KOMPAS.comBupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra dilaporkan ke Kepolisian Resor Cirebon Kota dengan tuduhan dugaan penipuan. Dia dilaporkan oleh mantan tim suksesnya pada Pilkada 2013, Elly Endriyanti.

Saat itu, korban dijanjikan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) dan juga dinikah siri dengan iming-iming pemberian kendaraan, rumah, dan nafkah. Namun hingga hari ini, seluruh janji tersebut tidak dipenuhi.

Baca juga: Bupati Cirebon Perintahkan Cari Wakil Bupati yang Jadi Buron Kejaksaan

Bukti laporan bernomor STPL/304/III/2017/JBR/CirebonKota tertanggal 23 Maret 2017, diperlihatkan kuasa hukum korban, Yudhi Alamsyah bersama timnya di salah satu tempat di Kota Cirebon, Rabu petang (29/3/2017).

Melalui Yudhi, korban yang merupakan warga Blok Sigobang, RT 05 RW 01, Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, mengaku dirinya tim sukses inti saat Sunjaya mencalonkan sebagai bupati Cirebon pada 2013 lalu.

Saat itu, Sunjaya berjanji akan menjadikan Elly sebagai PNS. Setelah menang, korban bersama orangtuanya, Juladi, yang juga tim sukses menemui Sunjaya di Pendopo Jalan Kartini, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, untuk menagih janji.

“Belum menepati janji awal, Sunjaya membalas lebih, yakni menginginkan korban menjadi istri siri, dengan iming-iming rumah, kendaraan dan biaya hidup per bulan Rp 10 juta, dan dijadikan PNS. Ternyata setelah dinikahi, janji tidak pernah ditepati hingga saat ini,” kata Yudhi.

Yudhi memastikan bahwa dirinya bersama korban memiliki bukti pernikahan siri yang dilangsungkan pada 7 September 2014 di Pendopo Bupati Cirebon. Tiga bulan berikutya, Januari 2015, Sunjaya menjatuhkan talak melalui telepon selular. Sejak itu, hingga saat ini, korban tidak dapat berkomunikasi dengan Sunjaya.

Yudhi berjanji akan membeberkan seluruh bukti pada kepolisian guna penegakan hukum. Yudhi juga mensinyalir, korban janji Sunjaya dengan modus serupa bukan hanya satu orang.

Menanggapi laporan tersebut, saat ditemui di kantor Pemda Cirebon, Sunjaya menegaskan bahwa seluruh pernyataan yang dilaporkan Elly bohong. Dia tidak pernah berjanji, apalagi menikah secara siri.

“Sodara Elly betul tim sukses saya. Tapi saya jawab, (isi laporan) itu sama sekali tidak benar,” tegasnya saat ditemui di kantornya, Kamis pagi (30/3/2017).

Baca juga: Wakil Bupati Cirebon Masuk DPO Kejaksaan

Sunjaya mengaku tidak pernah memberikan janji pengangkatan PNS kepada siapapun karena hal itu harus melalui mekanisme dan aturan yang berlaku. Dia juga membantah tuduhan soal nikah siri dengan berbagai iming-iming.

“(Saat itu) dia datang ke pendopo hal yang biasa, dan kalau ada kedekatan dengan para tim sukses juga hal biasa. Tapi soal saya menjadikan istri simpanannya, sama sekali tidak benar,” tegas Sunjaya.

Dia mempersilakan penggugat menyerahkan seluruh bukti ke kepolisian. Namun bila tidak mampu membuktikan, Sunjaya akan laporkan balik dengan tuduhan pencemaran nama baik.

“Saya akan menuntut balik dan saya minta pada polisi diperiksa semuanya. Ini jelas ada unsur politik. Katanya, kejadian tahun 2014 dilaporkan 2017. Tiga tahun kemana dia?” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com