Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpilih Jadi Gubernur Aceh, Irwandi Bangun Rumah Anak Yatim

Kompas.com - 29/03/2017, 23:54 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

BENER MERIAH, KOMPAS.comGubernur Aceh terpilih, Irwandi Yusuf, merayakan kemenangannya dengan membantu para anak yatim di Aceh.

“Pak Irwandi tidak melakukan itu, beliau lebih memilih membangun rumah anak yatim di setiap kabupaten/kota yang ada di Aceh,” kata Ahmadi, Bupati Bener Meriah terpilih, Rabu (3/29/2017).

Ahmadi mengaku, beberapa waktu lalu ia bertemu dengan Irwandi. Ia menanyakan mengapa Gubernur Aceh 2007-2012 itu tidak merayakan kemenangan dengan memotong lembu bersama para pendukungnya, seperti yang biasa dilakukan masyarakat Aceh pada momen tertentu.

Irwandi pun menjawab, kalaupun tidak memotong lembu, tim suksesnya tentu merasakan makan daging lembu.

(Baca: KIP Aceh Ketuk Palu untuk Kemenangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah)

"Lalu bagaimana dengan anak yatim yang tidak punya rumah layak huni? sedangkan kita kumpul beri hadiah, bereforia hanya untuk makan daging lembu. Maka beliau berpikir, alangkah baiknya uang yang ada dimanfaatkan untuk membantu anak yatim. Ide ini menurut saya luar biasa,” terang dia.

Karena itu, dirinya menyambut baik dengan apa yang dilakukan oleh Irwandi Yusuf. Rencananya, Irwandi akan membangun 5-10 rumah anak yatim di setiap kabupaten/kota secara pribadi.

"Untuk di Kabupaten Bener Meriah sudah dikerjakan, saya langsung yang mengkoordinir, Pak Irwandi bantu 5 unit, kita sharing menjadi 10 rumah, dengan kalkulasi biaya 70 persen dari beliau, dan saya menanggung 30 persen,” terang Ahmadi.

(Baca: Ulama Seluruh Aceh Nyatakan Dukungan untuk Irwandi)

Pembangunan rumah anak yatim itu sendiri saat ini masih terus berjalan. Jika selesai dalam waktu dekat, dirinya akan meresmikan program tersebut dengan menghadirkan Irwandi Yusuf.

Sebelumnya, Irwandi Yusuf bersama pasangannya Nova Iriansyah, terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2017-2022, setelah ditetapkan oleh Komisi Independen (KIP) Aceh pada 25 Februari 2017.

Mereka memperoleh suara terbanyak 898.710 dari 2,4 juta lebih suara sah. Sementara itu, Ahmadi bersama pasangannya Tgk Syarkawi telah ditetapkan KIP Bener Meriah menjadi Bupati/Wakil Bupati Bener Meriah, Aceh, dengan perolehan suara 29.767 suara atau 38,03 persen dari total suara pemilih sah.

(Baca: Mantan Gubernur Irwandi Yusuf Dipukul)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com