Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Prediksi Jenis Kelamin Bayi, Klinik di Surabaya Didemo Warga

Kompas.com - 29/03/2017, 19:45 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebuah klinik kesehatan di Surabaya didemo puluhan warga yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Peduli Malpraktik, Rabu (29/3/2027).

Mereka mengecam dokter di klinik tersebut yang menjanjikan bisa membantu pasien memiliki bayi dengan jenis kelamin tertentu.

Aksi damai dilakukan di depan gedung Klinik Utama Ferina, Jalan Irian Barat Surabaya. Para pengunjuk rasa membentangkan poster bernada protes, tanpa ada satu pun yang berorasi. 

Dimas Aryo, kuasa hukum pasangan Tomy Han-Evelyn Saputra mengatakan, aksi ini menyikapi protes pasangan pasien yang dijanjikan bisa melahirkan anak laki-laki melalui layanan di klinik tersebut akhir 2016 lalu. Tapi pada kenyataannya, pasangan tersebut melahirkan anak perempuan.

"Padahal dokter bukan Tuhan yang bisa menentukan jenis kelamin," kata Dimas Aryo, Rabu (29/3/2017).

(Baca: Tekanan Darah Ibu Tentukan Jenis Kelamin Bayi?)

Dimas mengaku sudah melaporkan kasus ini ke Polda Jatim dengan tuduhan penipuan. "Kami laporkan penipuan karena sampai saat ini tidak ada tindak lanjut dari pihak klinik kepada klien kami," jelasnya.

Konsultan Manajemen Klinik Utama Ferina, Stefanus Lawuyan mengaku kaget jika kliniknya dilaporkan melakukan penipuan ke polisi. Sebab, perjanjian dokter klinik pada layanan tersebut hanya sampai pasangan perempuan hamil.

"Jadi jika pasien sudah hamil, tugas kami selesai," katanya.

(Baca: Dapatkah Makanan Tentukan Jenis Kelamin Bayi?)

Pasien, sambung dia, juga sudah diberi pemahaman jika masih ada potensi kegagalan layanan sebesar 15 persen. "Saat menemui dokter kami pada 2015, juga dianjurkan untuk memilih cara alami untuk memperoleh bayi laki-laki," terang Stefanus.

Setelah pasien hamil, pihaknya tidak tahu kemana pasien tersebut memeriksakan kandungan hingga proses persalinannya. "Soal laporan ke polisi sampai sekarang belum ada panggilan kepada kami untuk diperiksa," pungkasnya. 

(Baca juga: Korban Malpraktik Sulit Cari Keadilan)

Kompas TV Kini ada inovasi alat yang disebut babokus, kursi bayi yang dilengkapi dengan bahan lembut untuk memposisikan bayi agar tetap aman ketika tidur di atas alat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com