Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Mahligai Barus, Jokowi Kenang Hubungan Indonesia dan Timur Tengah

Kompas.com - 25/03/2017, 08:00 WIB

TAPANULI, KOMPAS.com - Dalam kegiatan kunjungan kerja di Kabupaten Tapanuli Tengah, Presiden RI Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi salah satu kawasan objek wisata religi, yaitu Pemakaman Mahligai Barus di Desa Sihorbo, Kecamatan Barus Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Jumat (24/3/2017) pagi.

Menurut Jokowi, pengembangan wisata sejarah dan religi di Kabupaten Tapanuli Tengah ini menjadi penghargaan terhadap hubungan Indonesia dan Timur Tengah yang dimulai sejak ratusan tahun yang lalu.

"Ini menunjukkan bahwa hubungan antara Timur Tengah dengan Indonesia itu sudah ada sejak abad ke 6. Jadi kalau di Masehi itu 661 Masehi, 48 Hijriah, jadi artinya memang ratusan tahun yang lalu hubungan itu telah ada," ujar Presiden usai peninjauan.

Jokowi menerangkan bahwa salah satu hubungan yang pernah terjalin dengan Timur Tengah adalah hubungan perdagangan mengingat wilayah Barus merupakan penghasil kapur barus dan rempah-rempah yang terkenal hingga ke Timur Tengah, bahkan kawasan Eropa.

"Hubungan yang sifatnya dagang mencari di sini yaitu kapur barus, merica, kemiri, kemenyan, semuanya ada dari Barus dan sekitarnya," ungkapnya.

Selain itu, pemakaman Mahligai Barus yang terbentang di atas bukit seluas 3 hektare tersebut terdapat sejumlah makam ulama besar asal Timur Tengah. Hal ini menunjukkan hubungan Indonesia dan Timur Tengah juga terjalin dalam rangka penyebaran agama Islam sekaligus jejak sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia.

"Dan juga di situ pasti ada syiarnya," ucap Presiden.

(Baca juga: Jokowi: Sudah, Sepedanya Sudah Habis...)

Oleh sebab itu, tak heran jika hubungan Indonesia dengan Timur Tengah berjalan dengan baik sejak sebelum kemerdekaan.

Presiden pun meyakini bahwa hubungan baik tersebut akan terus terjalin di masa mendatang.

"Hubungan kami dengan Timur Tengah sudah lama sekali, ya kalau sekarang ini semakin erat ya memang sudah sewajarnya karena dulu saja sudah dekat, sudah erat, sekarang kalau semakin erat juga semakin baik," ujar Jokowi.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden dan Iriana Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi.

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Jumat (24/3/2017), dengan judul: Jokowi Kunjungi Objek Wisata Religi di Tapanuli Tengah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com