Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Konsumsi Ikan, Demak Gelar Festival Bandeng

Kompas.com - 22/03/2017, 21:43 WIB
Ari Widodo

Penulis

DEMAK, KOMPAS.com - Tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Demak masih rendah, sekitar 19,30 kilogram per orang setiap tahunnya. Padahal idealnya, konsumsi ikan setiap orang, 30 kilogram per tahun. 

Hari Adi Soesilo, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak mengatakan, untuk meningkatkan konsumsi ikan, pihaknya menggelar Festival Bandeng Demak di Aula Kelurahan Mangunjiwan, Demak, Rabu (22/3/2017).

"Ini cara kami kampanye gemar makan ikan, agar kesadaran masyarakat mengkonsumsi ikan itu meningkat. Ikan itu proteinnya tinggi dan harganya juga lebih murah dari daging. Di Jepang saja konsumsi ikan pertahunnya 90 kilogram per orangnya, " tuturnya.

Selain untuk memasyarakatkan gemar makan ikan, kegiatan ini digelar untuk memotivasi masyarakat agar lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam pemasaran ikan bandeng.

Sebab, ikan yang dijual mentah harganya murah. Namun jika ikan direkayasa menjadi olahan bernilai ekonomis tinggi, maka masyarakat akan lebih sejahtera. Seperti pengolahan ikan bandeng yang begitu mudah didapatkan di Demak.

"Bahan baku ikan bandeng mudah didapat. Saat ini luasan tambak di Demak mencapai 7.946 hektar. Sekitar 50-60 persennya untuk budidaya ikan bandeng dengan jumlah produksi higga 10 ribu ton," imbuhnya. 

Dalam Festival Bandeng Demak, ikan bandeng bisa diolah menjadi aneka kuliner lezat dan bergizi.

Seperti steak bandeng, bola-bola ikan bandeng, sate ikan bandeng, sup matahari ikan bandeng, dan sup tahu bandeng. Semua makanan ini tersaji dalam perlombaan masakan berbahan dasar ikan bandeng.

Sri Mulyani (41), salah satu peserta lomba yang mewakili Kecamatan Karangawen, Demak, mengolah ikan bandeng menjadi steak bandeng, bola-bola ikan bandeng, dan klepon isi bandeng.

Menurutnya, kreasi timnya itu untuk mensiasati agar ada variasi lain dari olahan bandeng selain presto dan pepes bandeng.

"Cara membuat steak, bola ikan dan klepon tanpa duri ini, mudah kok Mas. Kita masak tanpa penyedap rasa loh, rasanya mantap dan lezat. Klepon ini rasanya gurih, silakan dicicipi, " katanya sembari menawarkan salah satu kreasinya.

Selain aneka masakan, ikan bandeng juga bisa diolah menjadi kudapan nikmat di antaranya klepon isi ikan bandeng, dawet ayu bandeng, mendut bandeng, pie gaplek bandeng, cap cake isi bandeng serta nugget bandeng.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com