Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPDB: Gempa Bali Tidak Menimbulkan Korban Jiwa

Kompas.com - 22/03/2017, 12:27 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali MD Indra menyatakan, hingga saat ini tidak ada korban jiwa dalam gempa yang mengguncang Bali pada Rabu (22/3/2017). Gempa hanya menyebabkan kerusakan bangunan di sejumlah wilayah.

Sehubungan dengan hal tersebut pihaknya belum memutuskan apakah perlu memberikan bantuan atau tidak kepada warga yang ditimpa musibah.

“Tidak ada langkah khusus dari BPBD karena kerusakannya tidak luar biasa,” kata Indra saat ditemui di Denpasar.

Dilihat dari tingkat kerusakan tidak ada yang signifikan. Menurut dia, kerusakan yang ditimbulkan masih bisa diatasi sendiri oleh warga. Bantuan akan diberikan jika memang warga kesulitan dan mengajukan permohonan kepada pemerintah.

Adapun untuk kerusakan sejumlah pura, dia menyebutkan, bisa diusahakan bersama-sama melalui pengempon pura setempat.

Pemprov Bali sendiri memang menyediakan anggaran sebesar Rp 4,5 miliar tiap tahun untuk membantu warga yang mengalami kerugian akibat bencana. Baik kerusakan bangunan pribadi maupun fasilitas umum.

“Genteng jatuh masa minta bantuan ke pemerintah, kalau mampu tidak perlu minta bantuan, tapi kalau memang mengajukan permohonan bantuan akan dilayani,” ujar Indra.

Baca juga: Warga 15 Kecamatan di Banyuwangi Rasakan Gempa Bali

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com