Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bali, Genteng Balai Banjar Tengah Berserakan di Tanah

Kompas.com - 22/03/2017, 09:39 WIB

SEMARAPURA, KOMPAS.com  - Gempa 6,4 SR mengguncang Denpasar, Bali, Rabu (22/3/2017) pukul 07.10 Wita. Gempa terasa dua kali selang hitungan detik dengan tempo yang meningkat.

Seperti dilansir Tribun Bali,  gempa tersebut telah menyebabkan kerusakan bangunan di Balai Banjar Tengah, Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung.

Akibat diguncang gempa, genteng dari bangunan balai banjar tersebut terjatuh dan berserakan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan jika Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke BPBD Bali. Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shake map) menunjukkan bahwa wilayah selatan Bali seperti Kuta, Tabanan, Mataram mengalami guncangan dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau III-IV MMI.

Kemudian Banyuwangi, Taliwang, Karangkates, Sawahan, dan Bima dengan skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan oleh hampir semua orang di provinsi Bali.

"Di Kota Denpasar masyarakat merasakan guncangan kuat selama 5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah dan ruangan. Kaca jendela bergetar, mobil bergoyang dan sebagian anak-anak menangis. Gempa dirasakan dua kali dengan guncangan kedua lebih keras," jelas Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran persnya.

Masyarakat di Kabupaten Badung, Tabanan, Klungkung, Gianyar, Karangasem, Singaraja, Bangli dan Buleleng merasakan guncangan gempa. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempabumi.

BPBD masih melakukan pemantauan dampak gempa. (Tribun Bali/Eka Mita Suputra)

Baca juga: Gempa Bali, Mobil Bergoyang hingga Anak-anak Menangis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com