Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Ungkap Peredaran Parfum "Axe" Palsu

Kompas.com - 22/03/2017, 07:47 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya mengungkap peredaran parfum merek "Axe" palsu yang diracik dari industri rumahan di kawasan Kedinding, di ibu kota Provinsi Jawa Timur itu.

"Berawal dari razia Tim Antibandit di Jembatan Merr Surabaya beberapa waktu lalu, kami mengamankan seorang berinisial M yang membawa satu kresek berisi 77 kaleng parfum bermerek Axe," ujar Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polrestabes Surabaya AKBP Shinto Silitonga di Surabaya, Selasa (21/3/2017).

Dia mengatakan, M diamankan karena tidak dapat menunjukkan nota pembelian 77 kaleng parfum bermerek "Axe" tersebut.

"Ngakunya habis kulakan, tapi dia tidak bisa menunjukkan nota pembelian barang dagangannya itu," katanya.

Dari hasil pemeriksaan lanjutan yang dilakukan di Markas Polrestabes Surabaya, M akhirnya mengaku bahwa puluhan kaleng parfum bermerek "Axe" dagangannya itu adalah palsu, yang diracik sendiri di sebuah industri rumahan di kawasan Kedinding, Surabaya.

"Peraciknya berinisial Rz, saat kami datangi rumahnya di kawasan Kedinding, kita temukan sebanyak 107 kaleng bermerek Axe palsu yang sudah siap jual," ujarnya.

Rz mengaku, hanya butuh bahan-bahan minyak wangi, alkohol, dicampur gas, yang kemudian disuntikkan ke dalam kaleng bekas yang diberi label "Axe" palsu itu.

"Kaleng-kalengnya dia beli dari pengepul barang-barang bekas seharga Rp 2.000 per biji," ucap Shinto.

Rz kemudian memasarkan parfum "Axe" palsu hasil racikannya itu dengan membuka harga dasar Rp 10.000 per buah.

Sementara M bertindak sebagai salesnya yang menjual parfum palsu itu door to door atau ditawarkan secara perorangan seharga Rp 29.000.

"Harga parfum Axe yang asli Rp 38.000, saya menjualnya Rp 29.000," ujar M, yang mengaku biasa menjualnya di Taman Bungkul Surabaya sejak dua bulan terakhir.

Rz juga mengaku baru meracik parfum "Axe" palsu itu selama dua bulan. Keuntungan yang diraup bisa mencapai Rp 6,4 juta per bulan.

Polisi menjerat keduanya dengan Pasal 196 dan 197 Undang undang (UU) Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Pasal 62 UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

"Kedua tersangka terancam hukuman pidana minimal 8 tahun penjara," ucap Shinto.

Baca juga: BPOM Awasi Penjual Isi Ulang Parfum di Yogyakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com