Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jawaban Kepala Disdik Magelang Terkait Nama Anies-Sandi di Soal Ujian

Kompas.com - 21/03/2017, 17:12 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Taufik Nurbakin, menyatakan munculnya nama pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Salahudin Uno (Anies-Sandi) pada naskah soal uji coba ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTs tidak berpengaruh pada siswa peserta ujian.

"Tidak ada dampak bagi siswa, karena setahu mereka (Anies-Sandi) adalah tokoh nasional," tandas Taufik, Selasa (21/3/2017).

Taufik mengaku dirinya telah diperiksa oleh tim khusus yang dibentuk Inspektorat Pemerintah Kota Magelang terkait kasus ini. Kepada tim tersebut, Taufik menjelaskan alur pembuatan naskah uji coba UN tersebut sebelum digandakan dan disebarkan kepada siswa peserta ujian.

Menurutnya, naskah soal ujian dibuat oleh guru-guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata pelajaran (MGMP). Selain dirinya, beberapa pihak yang ikut diperiksa adalah kepala seksi SMP Disdikbud Kota Magelang, tim penyusun soal, Ketua MGMP Bahasa Indonesia dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Taufik mengatakan, pemeriksaan ini membutuhkan proses dan waktu hingga menghasilkan keputusan tertentu.

"Tentunya pemeriksaan tidak cukup sehari dua hari selesai, karena semua butuh proses," ujar Taufik.

Sekretaris Daerah Pemkot Magelang Sugiharto menyatakan, pihaknya langsung membentuk tim khusus untuk memeriksa pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan soal ujian uji coba UN itu.

Dia meminta penyusunan naskah soal harus melewati prosedur yang ketat sebelum digandakan dan dibagikan kepada siswa.

"Naskah soal untuk mata pelajaran apapun harus dikoreksi, ditelaah dan diteliti. Kalau sebelumnya hanya sampai MGMP, ke depan para pengawas juga harus ikut melakukan verifikasi sebelum digandakan," tegasnya.

Alya, pelajar kelas 9 MTsN Kota Magelang membenarkan ada soal uji coba UN Bahasa Indonesia yang menyebut dua tokoh yang sedang berkampanye pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta itu.

Dia justru mempertanyakan mengapa sosok Anies-Sandi dalam soal ujian dipermasalahkan.

"Memang kenapa kalau ada nama Anies dan Sandi?," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, naskah soal uji coba UN mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMP/MTs di Kota Magelang diketahui memuat biografi singkat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Anies-Sandi.

Baca juga: Guru Penyusun Akui Tulis "Anies-Sandi " dalam Soal Uji Coba UN SMP

Uji coba UN telah dilaksanakan pada Senin, 6 Maret 2017. Dalam soal itu, siswa diminta untuk mencari kalimat rancu pada paragraf yang menceritakan riwayat berorganisasi Anies Baswedan semasa muda.

Soal berikutnya, terdapat paragraf yang menceritakan riwayat singkat tokoh Sandiaga Salahudin Uno ketika masih sekolah hingga menjadi orang terkaya di Indonesia. Siswa diperintahkan untuk mencari keistimewaan tokoh tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com