Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aher Minta Wartawan Kawal Pembongkaran Bangunan yang Tutup Sungai di Rancaekek

Kompas.com - 21/03/2017, 13:58 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau yang akrab disapa Aher mengatakan, sebagian Sungai Cikijing yang masuk ke pabrik tekstil Kahatex menjadi salah satu penyebab utama banjir yang kerap menggenani Jalan Raya Rancaekek

"Yang jelas yang jadi masalah cukup utama adalah pembongkaran sungai yang masuk ke Kahatex. Sedang dibongkar. Wartawan ngawal terus juga dong sebelah mana yang belum," kata Aher di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (21/3/2017).

Baca juga: Aher: Perlu Negosiasi "Tingkat Dewa" untuk Atasi Banjir Rancaekek

Aher meminta kepada semua pihak, termasuk media, agar mendorong pengusaha Kahatex secepatnya membongkar bangunan yang menutupi Sungai Cikijing. 

"Pengusaha perlu didorong juga buru-buru karena sumbatannya cukup besar. Kalau sungai tiba-tiba ditutup jadi sumbatan dong. Air meluap dan masuk ke jalan selama ini itu masalahnya," ungkapnya. 

Selain itu, Aher juga bakal melakukan penghijauan di hulu Sungai Citarum dan Cimanuk dengan bantuan dana dari pemerintah pusat. 

"Insya Allah pemberesan hulu sekarang signifikan. Kita dapat biaya dari pusat Rp 250 miliar untuk menanami kembali. Serentak dengan masyarakat tahun ini penghijauan hulu Citarum dan hulu Cimanuk," ungkapnya.

Baca juga: Gara-gara Banjir di Rancaekek, Bandung-Tasikmalaya Makan Waktu 10 Jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com