Indonesia Tuan Rumah Kompetisi Olahraga Militer Sedunia - Kompas.com

Indonesia Tuan Rumah Kompetisi Olahraga Militer Sedunia

Kontributor Magelang, Ika Fitriana
Kompas.com - 20/03/2017, 23:38 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com - Indonesia dipastikan akan menjadi tuan rumah Conseil International du Sport Militeire (CISM) 3rd World Cadet Games 2018 mendatang.

CISM adalah kejuaraan antar-taruna Akademi Militer dan Akademi Angkatan Bersenjata dari berbagai negara di dunia.

Komandan Jenderal Akademi TNI Letnan Jenderal TNI Bayu Purwiyono mengaku siap menyongsong turnamen taruna kelas dunia tersebut, baik dari segi insfrastruktur, fasilitas pendukung, maupun atlet-atlet tuan rumah sendiri.

"Insya Allah tahun depan (2018) kita akan menjadi tuan rumah CISM KE 3. Tempatnya di Akademi Militer (Akmil) Kota Magelang ini dan Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta," ujar Bayu seusai membuka Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna (Piktar) XXIV, di Lapangan Sapta Marga Akmil Kota Magelang, Jawa Tengah, Senin (20/3/2017).

Bayu menyebutkan, ada 125 negara yang tergabung dalam KOMI (Komite Olahraga Militer). Dari jumlah itu, sebanyak 50 negara sudah mengkonfirmasi ikut serta pada kejuaraan ini. Indonesia sendiri baru sekali mengikuti CISM di Ekuador beberapa tahun lalu.

Ia optimistis, partisipasi akademi taruna dari negara lain akan tinggi. Sebab, CISM sudah menjadi agenda persatuan olahraga militer sedunia dengan tujuan mengakrabkan para taruna melalui pertandingan olahraga.

"Progress terus berjalan, saya yakin partisapasi dari akademi taruna dari berbagai negara tinggi. CISM yang akan digelar itu, sebagai ajang silaturahmi atau mengakrabkan taruna-taruna sedunia, sekaligus pencarian prestasi, apalagi kelasnya dunia,” imbuhnya.

Untuk fasilitas, sambung Bayu, sejauh ini sudah dipersiapkan dengan baik. Hanya ada beberapa yang sedang dalam proses yakni fasilitas pendukung untuk halang rintang.

Adapun untuk persiapan atlet, pihaknya sudah mulai menjaring atlet-atlet unggul melalui berbagai kompetisi seperti Piktar XXIV yang diselenggarakan di Akmil pada 20-24 Maret 2017 ini.

Bayu mengatakan, tidak kurang dari 1.380 taruna mengikuti kejuaraan ini. Mereka berasal dari Akademi TNI, Akpol, dan Praja IPDN. Tahun ini, Piktar XXIV melombakan 7 cabang olahraga militer yakni milipen, orienteering, atletik, menembak, renang, bola voli dan bulu tangkis.

PenulisKontributor Magelang, Ika Fitriana
EditorReni Susanti
Komentar

Close Ads X