Kamis, 23 Maret 2017

Regional

Tahun Ini, Sudah 21 Kapal Pesiar Datang ke Taman Nasional Komodo

Senin, 20 Maret 2017 | 12:47 WIB
Arsyip Syahbandar Labuan Bajo. Kapal pesiar MV Sirena saat berlabuh di Perairan Pulau Komodo, Minggu (19/32017). Sebanyak 472 wisatawan asing turun dari kapal di Loh Liang untuk melihat Komodo.(Arsyip Syahbandar Labuan Bajo)

BAJO,KOMPAS.com - Selama tahun 2017 ini sudah 21 kapal cruise yang langsung dari Darwin, Australia dan negara lainnya mengunjungi Pulau Komodo dan Pulau Rinca di kawasan Taman Nasional Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Unit Penyelenggaraan Pelabuhan II Labuan Bajo, Usman Husin kepada Kompas.com di Labuan Bajo, Senin, (20/3/2017).

Husin menyebutkan, pada awal Maret 2017 menunjukkan ada 13 kapal pesiar yang berwisata ke kawasan Taman Nasional. Kemudian hingga kini bertambah menjadi 21 kapal pesiar yang berwisata ke Loh Liang, Pulau Komodo dan Loh Buaya, Pulau Rinca, baik kapal berukuran besar dan panjang maupun yang berukuran sedang.

Baca juga: Kapal Pesiar dari Australia Kembali Bersandar di Pulau Komodo

"Ini menunjukkan nama binatang langka Komodo yang masih hidup di Bumi Indonesia, khususnya di Kabupaten Manggarai Barat semakin terkenal di kalangan masyarakat dunia. Keanehan perilaku Komodo dengan cerita-cerita keunikan memikat hati masyarakat dunia untuk ingin melihat langsung ke habitat aslinya di dalam kawasan Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo dan Pulau Rinca," ucapnya.

Dia mengatakan, kunjungan wisatawan asing dengan kapal pesiar memberikan dampak kepada warga lokal. Para wisatawan membeli patung Komodo yang dijual dipasar lokal di Loh Liang, Pulau Komodo.

Selain itu, warga yang yang ditugaskan Balai Taman Nasional Komodo menjadi ranger lokal juga mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca juga: Valentino Rossi Tahu Wisata Komodo NTT dari Teman Masa Kecilnya

Menurut dia, selain melihat Komodo, wisatawan juga menyelam di bawah laut Taman Nasional Komodo untuk melihat keindahan dan keunikan ikan pari manta serta keunikan lainnya di bawah laut Taman Nasional Komodo.

"Tahun ini terjadi peningkatan kunjungan kapal pesiar dengan membawa ribuan wisatawan asing dan domestik," ucapnya.

Kapal pesiar terkini yang berlabuh di perairan Pulau Komodo adalah MS Seaborn Encore. Kapal dari Darwin Australia itu berlabuh pada hari ini jam 07.00 Wita.

Kapal dengan berat 41.865 GT dengan panjang kapal 179.76 meter ini membawa 551 wisatawan asing bersama crew kapal sebanyak 432 orang.

Husin mengatakan, pihaknya mencatat kunjungan kapal pesiar pada tahun 2016 berjumlah 24 kapal dan jumlah penumpang mencapai 21.366 orang.

"Kunjungan wisatawan dengan kapal pesiar akan terus meningkat sejalan semakin gencarnya promosi destinasi Manggarai Barat khususnya binatang Langka Komodo," katanya.

Baca juga: Tangani Kapal Pesiar Perusak Terumbu Karang, Luhut Bentuk Tim

 

Penulis: Kontributor Manggarai, Markus Makur
Editor : Erlangga Djumena