Minggu, 26 Maret 2017

Regional

Bupati Dedi Beri Patung Harimau Baru untuk Koramil Cisewu

Senin, 20 Maret 2017 | 07:30 WIB
KOMPAS.com/Irwan Nugraha Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, memberikan patung harimau baru ke Koramil 1123 Cisewu, Garut, Minggu (19/3/2017).

GARUT, KOMPAS.com - Pasca-kontroversi patung harimau lucu di Cisewu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyerahkan sebuah patung harimau simbol Siliwangi kepada Koramil 1123 Cisewu, Garut, Minggu (19/3/2017).

Penyerahan patung harimau tersebut secara langsung diserahkan kepada Komandan Koramil di markas Koramil setempat.

"Bantuan ini (diberikan) setelah saya mengetahui adanya patung harimau yang ramai diperbincangkan netizen di jejaring sosial," ungkap Dedi seusai penyerahan patung harimau di Makoramil 1123 Cisewu, Minggu sore.

(Baca juga: Cerita di Balik Patung Harimau Lucu di Cisewu)

Dedi menilai, bantuan ini disampaikannya sebagai bentuk soliditas keluarga besar TNI dan karena patung harimau memiliki arti dan makna besar bagi prajurit TNI, khususnya di Jawa Barat. Patung harimau, lanjut dia, melambangkan kegagahan Siliwangi yang diadopsi oleh prajurit TNI Kodam Siliwangi.

"Saya merasakan sendiri bagaimana melihat perjuangan seorang prajurit. Jadi saya mengirimkan patung harimau yang lebih gagah," ungkap dia.

KOMPAS.com/Irwan Nugraha Pagar depan Markas Koramil 1123 Cisewu, Garut, tempat patung harimau lucu berdiri sebelumnya ditutup terpal biru, Minggu (19/3/2017).
Patung harimau yang dibawanya ini dibuat oleh rekan senimannya, yakni Pak Herman. Bahkan, selain patung harimau, Dedi mengaku akan memberikan bantuan untuk renovasi bangunan Koramil setempat.

"Bahkan bukan hanya Koramil ini saja yang akan diperbaiki. Tapi saya sudah memiliki program dan akan membahasnya dengan Kodam Siliwangi untuk memperbaiki bangunan Koramil se-Jawa Barat," ungkap dia.

Selain itu, Dedi pun nantinya akan meminta izin Panglima Kodam Siliwangi untuk membangun Koramil, Kodim Dan Korem dengan arsitektur Pajajaran. Apalagi, simbol Siliwangi selama ini dipakai oleh TNI di Jawa Barat.

"Nanti akan minta izin Pangdam Siliwangi untuk menerapkan arsitektur Pajajaran," tambahnya.

(Baca juga: Gara-gara Patung Harimau Lucu, Patung di Seluruh Koramil Dievaluasi)

Bantuan itu disambut baik oleh Komandan Koramil 1123 Cisewu Kapten Infantri Nandang. Menurut dia, patung harimau di depan kantornya akan langsung diganti dengan patung harimau yang terlihat lebih gagah dan seram.

Pasalnya, patung harimau melambangkan "Maung Sancang" atau Harimau Gunung Sancang yang berada di kawasan Garut Selatan.

"Kami merasa bangga karena ada bantuan patung harimau yang lebih gagah dan seram. Ini patung dari Pak Dedi menyimbolkan "Maung Sancang". Setelah dudukan yang sedang dibangun kering, patung ini akan langsung dipasang," kata dia.

Patung yang dibawa langsung dari Purwakarta, Jawa Barat, tersebut memiliki bobot sekitar tiga kuintal. Patung tersebut dibuat dari bahan resin.

"Ukurannya besar dan lebih gagah," ungkap Herman, pembuat patung, di lokasi yang sama.

(Baca juga: 6 Tahun Berdiri, Patung Harimau Lucu di Koramil Cisewu "Pensiun")

 

Penulis: Kontributor Tasikmalaya, Irwan Nugraha
Editor : Caroline Damanik
TAG: