5 Menit Lagi Mendarat, Pesawat Trans Nusa Kembali ke Kupang karena Cuaca Buruk - Kompas.com

5 Menit Lagi Mendarat, Pesawat Trans Nusa Kembali ke Kupang karena Cuaca Buruk

Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere
Kompas.com - 19/03/2017, 22:18 WIB
KOMPAS.com/Sigiranus Marutho Bere Para penumpang pesawat Trans Nusa tujuan Kupang-Kalabahi Kabupaten Alor saat turun dari pesawat di Bandara El Tari Kupang karena cuaca buruk.

KUPANG, KOMPAS. com - Pesawat Trans Nusa dari Kupang batal mendarat di bandara tujuan di Kalabahi, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), batal mendarat akibat cuaca buruk, Minggu (19/3/2017).

Rombongan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), di dalamnya sempat terbang selama satu jam di udara begitu lepas landas dari Bandara El Tari Kupang.

Namun, lima menit lagi pesawat hendak mendarat, awak pesawat kemudian mengumumkan bahwa pesawat batal mendarat karena jarak pandang terhalang akibat hujan deras sehingga pesawat pun kembali ke Bandara El Tari Kupang.

"Kami tidak minta kompensasi karena ini faktor cuaca dan kita pun bersyukur diberi keselamatan. Kita hanya minta diurus kembali dengan pesawat yang sama untuk kembali ke Alor, Senin (19/3/2017) besok pagi," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi Kementerian PDTT Rismanto, salah satu penumpang.

Meski cuaca buruk dan adanya pembatalan penerbangan, namun dia dan penumpang lainnya tidak panik dan tetap tenang di dalam pesawat.

Terkait hal itu, Penanggung jawab Trans Nusa Airport Kupang Vian Kause mengatakan, tadi saat pesawat lepas landas dari Kupang cuaca cerah. Namun saat 7 hendak mendarat di Bandara Mali Alor, hujan deras sehingga jarak pandang pilot terhalangi sehingga awak pesawat memutuskan untuk kembali.

"Pesawatnya tadi terbang pukul 16.00 Wita dan sesuai jadwal akan mendarat di Alor pukul 16.50 Wita. Tapi karena pada saat hendak mendarat, jarak pandangnya hanya 500 meter sehingga susah untuk mendarat," tutur Vian.

Jumlah penumpang di dalam pesawat tersebut, lanjut Vian, sebanyak 39 orang dan rencananya akan ikut terbang Senin besok dengan pesawat yang sama pada pukul 09.40 Wita.

PenulisKontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere
EditorCaroline Damanik
Komentar

Close Ads X