Kapal Pesiar dari Australia Kembali Bersandar di Pulau Komodo - Kompas.com

Kapal Pesiar dari Australia Kembali Bersandar di Pulau Komodo

Kontributor Manggarai, Markus Makur
Kompas.com - 19/03/2017, 19:01 WIB
Arsyip Syahbandar Labuan Bajo. Kapal pesiar MV Sirena saat berlabuh di Perairan Pulau Komodo, Minggu (19/32017). Sebanyak 472 wisatawan asing turun dari kapal di Loh Liang untuk melihat Komodo.(Arsyip Syahbandar Labuan Bajo)

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kapal pesiar dari Darwin, Australia, kembali bersandar di perairan Pulau Komodo, Minggu (19/3/2917).

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan II Labuan Bajo, Usman Husin, mengatakan, kapal dengan berat kapal 30,277 gross ton (GT) dan panjang 180,5 meter itu tiba dan berlabuh di Pulau Komodo sekitar jam 12.00 Wita.

Saat berlabuh, petugas dari Syahbandar, Bea Cukai, imigrasi dan KKP melakukan pemeriksaan dokumen di atas kapal pesiar MV Sirena yang dinakhodai Captain Guillia Resa itu.

Husin menjelaskan, kapal pesiar itu membawa 630 penumpang berwarganegara asing serta kru kapal sebanyak 405 orang.

Ada sekitar 472 penumpang yang kemudian melanjutkan perjalanan ke Loh Liang, Pulau Komodo. Selama di Loh Liang, wisatawan asing itu dipandu oleh ranger lokal dan dari pihak Balai Taman Nasional Komodo.

"Kapal pesiar MV Sirena berbendera Marshal Islane. Selanjutnya kapal itu berwisata ke Pulau Dewata, Bali," ungkapnya.

Data yang dihimpun dari pihak Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan II Labuan Bajo bahwa selama Januari-Maret ini sudah 13 kapal pesiar yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT.

Sementara itu, sepanjang 2016, ada 24 kapal pesiar yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo. Diperkirakan, pada tahun 2017 ini ada peningkatan kunjungan wisatawan dengan menggunakan kapal pesiar.

"Daya tarik binatang langka Komodo memikat wisatawan dunia berkunjung ke Taman Nasional Komodo dengan menggunakan Kapal pesiar," tuturnya.

PenulisKontributor Manggarai, Markus Makur
EditorCaroline Damanik
Komentar