Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPK Periksa Mantan Kajari Madiun Terkait Korupsi Bambang Irianto

Kompas.com - 18/03/2017, 12:38 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa mantan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Madiun, Isno Ihsan di Markas Detasemen C Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Timur di Kota Madiun, Sabtu (18/3/2017) pagi. 

Isno diperiksa sebagai saksi kasus korupsi atas tersangka Wali Kota Madiun Bambang Irianto. Pantuan di lokasi pemeriksaan, mantan kajari Madiun pada tahun 2010 itu datang mengendarai mobil Kijang Innova AE 416 NJ di Markas Detasemen C Pelopor Satuan Brimob Polda Jawa Timur di Kota Madiun.

Baca juga: Kasus Korupsi Wali Kota Madiun, Sejumlah Perwira Polisi Diperiksa KPK

Isno mengenakan kemeja lengan panjang berwarna oranye, dikawal anggota Brimob yang berjaga menuju gedung utama.

Saat hendak dikonfirmasi para wartawan seusai turun dari mobil, Isno hanya melambaikan tangan, lalu masuk ke Mako Brimob.

Selain mantan kajari Madiun, tampak mantan Kepala Adbang Pemkot Madiun, Sadikun juga masuk ke mako Brimob.

Saat dikonfirmasi wartawan, Sadikun mengaku hanya mengantar dokumen laporan kegiatan ke penyidik saja. Ia menyatakan tidak turut diperiksa dalam kasus ini.

"Saya hanya mengantar dokumen ke penyidik. Saya tidak diperiksa," kata Sadikun.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah yang dikonfirmasi terkait pemeriksaan membenarkan adanya pemeriksaan sejumlah saksi di Kota Madiun terkait kasus tindak pidana pencucian uang dengan tersangka Wali Kota Madiun Bambang Irianto (BI). Namun untuk rincian orang yang diperiksa nanti akan disampaikan.

"Memang dari kemarin ada sejumlah saksi yang diperiksa dalam kasus tindak pidana pencucian uang dengan tersangka Wali Kota Madiun, BI. Untuk rinciannya nanti akan kami sampaikan. Saat ini kami masih berkoordinasi dengan tim penyidiknya," kata Febri.

Baca juga: KPK Sita 13 Ekskavator Milik Anak Wali Kota Nonaktif Madiun

Ditanya apakah sejumlah saksi yang diperiksa kemarin dan hari ini adalah mantan kapolres Madiun Kota, mantan kepala kejaksaan Madiun dan mantan ketua pengadilan, Febri mengatakan, rinciannya nanti akan disampaikan setelah berkoordinasi dengan tim penyidik.

Untuk diketahui, sejumlah perwira yang pernah menjabat sebagai kapolres Madiun Kota diperiksa penyidik KPK di Detasemen A Brimob Jalan Letjen Sutoyo, Medaeng, Sidoarjo, Jumat (17/3/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com