Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rini Minta Direksi Semen Indonesia Sering Komunikasi dengan Warga

Kompas.com - 17/03/2017, 13:46 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

REMBANG, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mengingatkan jajaran direksi PT Semen Indonesia untuk terus bekerja sama dengan masyarakat sekitar, terutama yang tinggal di sekitar pabrik semen di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Salah satu fungsi pabrik ialah menyejahterakan warga sekitar.

Pesan itu disampaikan Rini kepada Dirut PT Semen Indonesia Rizkan Chandra di sela menampung masukan warga dan lima kepala desa yang berada di wilayah terdekat pabrik. Direksi juga diminta sering melakukan komunikasi dengan warga setempat.

"Saya minta masukan dari warga untuk ditampung. Kepentingan warga itu kepentingan kita sendiri," ujar Rini, Jumat (17/3/2017).

(Baca juga: Menteri BUMN Tinjau Pendirian Pabrik Semen Rembang)

Dalam dialog dengan warga setempat, Rini juga sempat meminta sang Dirut untuk menyalami para kepala desa. Hal demikian agar terjalin komunikasi yang lebih baik.

"Apapun masukannya baik positif dan negatif harus diberikan. Justru dengan kritik bisa memperbaiki diri. Tujuan bukan kata-kata belaka, bukan hanya untuk negara, tapi juga masyarakat," ujar Rini.

"Kita harap pabrik dapat beroperasi secepatnya. Selama pembangunan proyek ini, masyarakat sudah punya aktivitas bantu kami, baik dalam pembangunan, katering. Ini tentu mendorong managemen semen Indonesia setelah operasi bisa membantu," tambah mantan petinggi Astra ini.

Rini berpesan kepada direksi untuk juga memikirkan warga sekitar yang tidak diserap pabrik. Perusahaan diminta mengembangkan sekolah vokasi untuk pembekalan keterampilan warga.

(Baca juga:  Kapolda Jateng Minta Warga Rembang Tidak Mudah Terprovokasi)

"Kalau warga terlatih bisa bekerja di pabrik, atau di industri pendukung pabrik. Saya juga mendukung generasi bisa religius, membaca dan menulis Alquran. Upaya itu pasti didukung, sehingga pengetahuan generasi ke depan bisa luas, anak bisa terjamin dan terpelajar," tambahnya.

Kepala Desa Kadiwono Kecamatan Bulu, Rembang, Ahmad Ridwan sebelumnya mengatakan, komunikasi antara warga dengan direksi belum berjalan secara baik. Dengan kunjungan Rini, warga berharap ke depan bisa terjadi komunikasi yang saling melengkapi.

"Atas nama masyarakat setempat, kami harap pabrik semen dilanjutkan atas azas manfaat," ucapnya.

Rini sendiri seusai mengunjungi pabrik semen lalu bertolak ke kediaman tokoh kharismatik asal Rembang KH Maizum Zubair. Kepada Mbah Moen, Rini meminta izin untuk rencana peresmian pabrik tersebut pada bulan April mendatang. 

Baca juga: Ganjar Minta ESDM dan BLH Awasi Pabrik Semen Rembang

Kompas TV Demo Petani â??Cor Kakiâ?? di Depan Istana Presiden

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com