Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Orang TKI Asal NTT Tewas Tenggelam di Malaysia

Kompas.com - 15/03/2017, 19:43 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Dua orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Nusa Tenggara Timur (NTT) ditemukan tewas tenggelam di sungai di wilayah Malaysia.

Dua TKI tersebut yakni Arni Kabnani, asal Desa Taebesa, Kecamatan Amanuban Tengah, TTS dan Agustinus Nuban, asal Desa Toianas, Kecamatan Toianas, TTS.

Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Kupang, Siwa mengatakan, dua TKI itu tercatat sebagai TKI resmi dan berangkat secara legal.

“Keduanya bekerja di Serawak Malaysia. Menurut keterangan dari pihak KJRI Kuching diketahui bahwa keduanya memancing ikan di Sungai kemudian diperkirakan jatuh dan meninggal,”kata Siwa kepada Kompas.com, Rabu (15/3/2017) malam.

Siwa menambahkan, berdasarkan keterangan Kepolisian Diraja Malaysia, korban tenggelam pada Jumat (10/3/2017) sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Keduanya terjatuh di Parit berair sedalam enam meter.

“Jasad keduanya ditemukan di parit berair di lokasi Ladang Maximum SDN BHD,”ucap Siwa.

Arni Kabnani berangkat secara resmi ke Malaysia pada 2015 melalui PT Citra Bina Tenaga Mandiri dan statusnya masih dalam kontrak kerja hingga saat ini.

Sedangkan Agustinus Nuban, berangkat tahun 2014 melalui PT Arwana Citra Lestari dan telah berakhir masa penempatan. Kontraknya habis pada 17 Juni 2016.

“Jadi seharusnya dia (Agustinus) sudah pulang. Terkait mereka berdua bersama-sama di lokasi tersebut, mungkin yang bersangkutan tidak pulang, tetapi bergabung dengan temannya di ladang," jelasnya.

Saat ini, proses pemulangan jenazah kedua TKI masih dikoordinasikan dengan sejumlah pihak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com