Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Kios Pasar Manonjaya di Tasikmalaya Ludes Terbakar

Kompas.com - 15/03/2017, 08:38 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Ratusan kios pedagang di Pasar Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, ludes terbakar, Selasa (14/3/2017) malam.

Banyak pemilik kios yang tak berhasil menyelamatkan barang dagangannya akibat api cepat menyebar dan meratakan bangunan semi permanen tersebut.

Kobaran api kali pertama diketahui sekitar pukul 20.30 WIB malam tadi. Sampai tengah malam, api masih terus membesar dan meluluhlantakkan seluruh bangunan pasar yang berdempetan dan sebagian besar bangunan kios dari kayu.

Empat mobil pemadam kebakaran pun sempat kewalahan dengan kobaran api yang membesar disertai angin. Padahal rencananya pemerintah daerah akan merevitalisasi pasar itu pada tahun ini.

"Habis semua, api membesar terus. Awalnya kobaran api terlihat di tengah pasar di sekitaran deretan kios sepatu. Baru tadi subuh api mulai bisa dipadamkan sejak malam," ungkap Aki (39), salah seorang saksi mata sekaligus warga pasar setempat, Rabu (15/3/2017) pagi.

Hal yang sama juga dikatakan Sulaiman (45), salah seorang pemilik kios. Menurut dia, kobaran besar api malam tadi tak sampai dalam jangka waktu 30 menit sudah membakar ratusan kios.

Dirinya pun baru dini hari tadi mengetahui kalau kios dan barang dagangannya ludes terbakar. Tak ada satu pun barangnya yang tersisa di dalam kios dan terlihat sudah rata dengan tanah.

"Habis semua gosong. Bangunan kios kan dari kayu, sudah habis semua barang dagangan saya," kata Sulaiman.

Dia menambahkan, pada hari kemarin, dirinya baru belanja barang dagangan dan langsung disimpan di kiosnya. Saat sedang tidur, dirinya ditelepon teman pedagang lainnya memberitahukan bahwa pasar terbakar. Saat tiba di lokasi, pasar sudah hangus dan tinggal tersisa puing-puing kebakaran.

"Padahal saya baru belanja dari Pasar Cikurubuk. Saya pulang, tidur, terus dapat telepon kalau pasar terbakar," tambahnya.

Sampai pagi ini, di lokasi pasar masih terlihat kerumunan orang yang ingin melihat kiosnya terbakar. Pasar Manonjaya yang lokasinya persis di pinggir jalan raya antara Manonjaya-Banjar via Cimaragas tersebut kini tinggal tersisa puing-puing sisa bangunan.

Petugas kepolisian pun telihat masih berada di lokasi kejadian untuk mencari penyebab kebakaran yang ditaksir merugikan miliaran rupiah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com